Kapal Nelayan Digulung Ombak, ABK Patah Tulang

Nasional | radarjogja | Published at Kamis, 25 November 2021 - 09:30
Kapal Nelayan Digulung Ombak, ABK Patah Tulang

RADAR JOGJA Kapal jukung milik nelayan digulung ombak di perairan selatan Kapanewon Girisubo, Gunungkidul. Tiga awak kapal berhasil dievakuasi dan dilaporkan selamat dan satu diantaranya mengalami patah tulang.

Peristiwa kapal nelayan terbalik diketahui Rabu (24/11). Total ada tiga nelayan menjadi korban. Masing-masing Anton, 41, sebagai tekong (pemilik kapal), Ristianto, 35, dan Zaenal Arifin, 41.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah I Gunungkidul Sunu Handoko mengatakan, berdasarkan sejumlah saksi , perahu tersebut berangkat dari Pelabuhan Sadeng sekitar pukul 06.00 WIB. Ketiga nelayan dalam perahu bermaksud menarik jaring penangkap lobster di Tebing Bubukan, Kalurahan Songbanyu, Girisubo. Saat akan menarik jaring, perahu dihantam ombak hingga akhirnya terbalik, kata Sunu Handoko.

Kuat dugaan, kapal terbalik karena posisinya terlalu ke pinggir alias dekat dengan tebing. Saat itu gelombang datang dan menghantam badan kapal. Saksi menyampaikan saat ditemukan kondisi kapal terbalik. Begitu mendapat laporan, anggota SAR langsung mendekat untuk melakukan evakuasi, ujarnya.

Menurutnya, proses evakuasi membutuhkan waktu lebih karena posisi kapal terbalilk. Regu penyelamat juga harus menguras lambung kapal karena terisi air. Dia memastikan, kondisi perahu tidak mengalami kerusakan berarti.
Korban selanjutnya dibawa ke puskesmas setempat. Informasinya salah satu korban (Anton)mengalami patah tulang hidung, ungkapnya dan menyampaikan bahwa kapal jukung sudah diamankan dengan ditarik ke Dermaga Sadeng.

Sementara itu, sekretaris tim SAR Korwil II Surisdiyanto mengingatkan kepada nelayan dan wisatawan agar waspada. Tinggi gelombang tidak dapat diprediksi secara pasti sehingga harus ada kesadaran bersama menjaga keselamatan.
Kami tim SAR berupaya maksimal memberikan imbauan agar hati-hati. Sudah cukup banyak korban, jangan jadi korban berikutnya, kata Surisdiyanto. (gun/bah)

Artikel Asli