Mudah Menyusun Laporan Keuangan dengan Excel

Nasional | republika | Published at Kamis, 25 November 2021 - 09:15
Mudah Menyusun Laporan Keuangan dengan Excel

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK-- Microsoft Excel merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengolah sebuah data angka dengan otomatis, melalui berbagai bentuk seperti perhitungan dasar, pengolahan data, pembuatan tabel dan pembuatan grafik. Dengan berbagai manfaat yang ada di Microsoft Excel, tentu dapat mendukung dalam pekerjaan, yang berkaitan pendataan dan laporan keuangan.

Untuk itu, demi mendukung kinerja ibu-ibu PKK di Keluarahan Duren Seribu, dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menyelenggarakan Pengabdian Masyarakat (PM), secara offline pada Sabtu (06/11) silam. Aturan protokol kesehatan pun diterapkan, mengingat pandemi yang masih belum sepenuhnya usai.

Bertempat di Kantor Kelurahan Duren Seribu Kecamatan Bojongsari Kota Depok, Kudiantoro selaku ketua pelaksana PM menjelaskan mengenai pembuatan laporan keuangan dengan Microsoft Excel, pakai pivot table. Salah satu hal yang harus dikerjakan oleh kader PKK adalah membuat laporan, baik laporan pelaksanaan ataupun laporan keuangan. Pembuatan laporan keuangan bertujuan untuk mempertanggungjawakan seluruh kegiatan yang telah dilakukan. Laporan keuangan merupakan alat komunikasi antara data keuangan dan aktivitasnya, kata Kusdiantoro dalam keterangan tertulisnya Kamis (25/11).

Ia juga menambahkan, bahwa pelatihan penggunaan Microsoft Excel dilakukan untuk mendukung kinerja ibu-ibu PKK agar lebih mudah dan efisien dalam membuat laporan.Anggota PKK kelurahan Duren Seribu mendapatkan materi pelatihan menggunakan pivot table pada MS. Excel yang dapat digunakan untuk membuat laporan analisis keuangan yang ada. Pivot Table merupakan fitur yang ada di program MS. Excel yang fungsinya untuk membuat rangkuman, melakukan analisis, eksplorasi data, serta mempresentasikannya, tambahnya.

Dengan mengikuti pelatihan ini, semoga kedepannya dapat mempermudah pekerjaan ibu-ibu PKK, sehingga dapat menghasilkan kinerja yang optimal. Dengan adanya pelatihan ini, semoga dapat memberikan ilmu baru dalam pengolahan data keuangannya. Sehingga dalam pelaporan anggota PKK dapat lebih mudah dan lebih akurat, tutur Kurdiantoro.

Artikel Asli