Waspada Lintasi Area Payung Kota Batu, Longsor Kembali Melanda

Nasional | jatimtimes.com | Published at Kamis, 25 November 2021 - 08:53
Waspada Lintasi Area Payung Kota Batu, Longsor Kembali Melanda

JATIMTIMES - Tanah longsor kembali terjadi di Jalan Brigjend Moh Manan (Payung 2) Kelurahan Songgokerto, Kecamatan/Kota Batu, Rabu (24/11/2021) malam. Alhasil reruntuhan material longsor menutup setengah jalur utama tersebut. Hal ini membuat para pengendara yang melintasi jalur tersebut wajib ekstra hati-hati.

Longsor yang terjadi di area Payung tersebut dibenarkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu. Hujan intensitas tinggi yang mengguyur Kota Batu dan kurangnya tanaman penyangga erosi mengakibatkan tanah longsor (di sana), kata pelaksana tugas (Plt) Kepala BPBD Kota Batu, Agung Sedayu.

Dimensi longsoran berukuran 6x4 meter, lebar timbunan 2 meter dan menutup setengah badan jalan. Lantaran setengah badan jalan tertutup material longsor membuat lalu lintas pun terganggu.

Kondisi tersebut membuat tim gabungan melakukan pembersihan material longsor dengan melekukan sistem buka tutup jalan. Kemudian tim juga melakukan pemasangan garis pengaman.

Kita lakukan pengamanan pohon rawan tumbang di tebing yang longsor, tambah Agung.

Agung pun mengimbau bagi pengguna jalan tetap waspada saat melintas di area Payung, apalagi di tengah musim penghujan saat ini.

Dua hari terakhir sudah terdapat empat kejadian bencana alam dan musibah di Kota Batu. Yakni, atap ambruk di tempat Parkir Plaza Batu dan air meluber di Dusun Banaran, Desa Bulukerto. Lalu plengsengan teknis ambrol di Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo dan plengsengan teknis ambrol lokasinya di RT 02 RW 07, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu.

Artikel Asli