Siap-siap! Panglima TNI Bakal Kunjungi Papua Pekan Depan, Begini Strategi Melawan KKB

Nasional | koran-jakarta.com | Published at Kamis, 25 November 2021 - 08:40
Siap-siap! Panglima TNI Bakal Kunjungi Papua Pekan Depan, Begini Strategi Melawan KKB

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa berencana akan mengunjungi Papua. Dalam kunjungan itu direncanakan Andika paling lambat pada pekan depan.

Andika menyampaikan hal tersebut saat mengunjungi rumah dinas Ketua DPD LaNyalla Mahmud Mattalitti di Kuningan, Jakarta Selatan.

"Sesuai dengan janji saya, paling lambat nanti setelah saya tiba di Papua minggu depan. Tapi yang jelas saya sudah menyiapkan dan saya pasti akan menjelaskan, paling lambat minggu depan," kata Andika, Rabu (24/11).

Meski demikian, dalam diskusi dengan Ketua DPD, Andika menjelaskan tidak ada pembahasan khusus terkait permasalahan Papua.

"Tidak ada, tidak ada sama sekali," ujar Andika.

Agenda sebelumnya, Andika bersilaturahmi ke Wakil Presiden Maruf Amin di kediaman dinasnya, Jakarta Pusat, Rabu. Dalam pertemuan, Maruf meminta Andika untuk terus memantau perkembangan nasional termasuk keamanan di Papua.

Juru bicara Maruf, Masduki Baidlowi memaparkan bahwa pertemuan kedua belah kerap dilakukan bahkan sejak Andika masih menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

"Ketika menjadi KSAD pak Andika selalu melapor perkembangan internal di TNI AD," kata Masduki dalam sebuah video yang dikutip Suara.com.

Pada pertemuan kali ini menjadi pertama kali bagi Andika dengan jabatan anyarnya sebagai Panglima TNI. Kepada Andika, Wapres ingin melihat tanggung jawabnya terkait pengamanan di Papua.

Bagian keamanan di Papua menjadi penting bagi Maruf selaku Ketua Dewan Pengarah Tim Koordinasi Terpadu Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Papua Barat.

"Karena wapres memiliki tanggung jawab bagaimana menyejahterakan Papua, sementara yang kita tahu panglima TNI punya tanggung jawab bagaimana supaya Papua aman," ujarnya.

Meski demikian, pembahasan kedua belah pihak menjadi mengerucut menjadi perihal landasan pengamanan di Papua. Kepada Maruf, Andika menyampaikan terkait kebijakannya untuk membuat suasana baru dalam menjaga keamanan di Papua.

Kata Masduki, Wapres begitu senang mendengarkan laporan yang disampaikan Andika. Terlebih beliau juga masih memiliki tugas dalam hal kesejahteraan masyarakat Papua dan Papua Barat.

"Supaya di tahun 2022 nanti proses pembangunan kesejahteraan Papua bisa lebih intesif dan nampak, dirasakan kesejahteraannya sehingga harus berjalan seiring pendekatan keamanan humanis dengan pendekatan kesejahteraan."

Artikel Asli