Generasi Baru, Micron dan MediaTek Gunakan Teknologi Memori LPDDR5X

Nasional | jawapos | Published at Kamis, 25 November 2021 - 06:36
Generasi Baru, Micron dan MediaTek Gunakan Teknologi Memori LPDDR5X

JawaPos.com Di pasaran atau mungkin di perangkat smartphone tak disadari ada banyak teknologi rumit dengan banyak tingkatan di dalamnya. Salah satu yang terus berkembang hingga kini adalah aspek penyimpanan atau memori, dalam hal ini RAM.

RAM pada smartphone di pasaran saat ini paling tinggi tingkatannya dipegang oleh model LPDDR4X dan LPDDR5. Terbaru, Micron dan MediaTek mengonfirmasi teknologi RAM generasi selanjutnya yang lebih baru yakni LPDDR5X.

Baik Micron dan MediaTek yang sama-sama bergelut di industri chip komputer, telah memvalidasi DRAM low-power double data rate 5X (LPDDR5X) Micron untuk chipset unggulan Dimensity 9000 5G baru dari MediaTek untuk ponsel pintar.

Bagi yang masih awam, Micron adalah perusahaan semikonduktor pertama yang mengambil sampel dan memvalidasi memori seluler tercepat dan tercanggih di industri ini. Dan, telah mengirimkan batch pertama sampel LPDDR5X yang dibangun pada first-to-market 1 (1-alpha) node.

Dirancang untuk ponsel pintar kelas atas dan unggulan, Micron LPDDR5X diklaim memungkinkan ekosistem ponsel pintar untuk membuka gelombang berikutnya dari aplikasi intensif data yang didukung teknologi Artificial Intelligence (AI) dan inovasi 5G.

Pengiriman pasar dan validasi Micron LPDDR5X berbasis teknologi 1 terkemuka di industri, diklaim memperkuat posisi Micron dalam hal inovasi produk dan kepemimpinannya di dunia seluler. Ini setelah peluncuran pertama di industri untuk LPDDR5, 1-based LPDDR4X, 176-layer NAND-based UFS 3.1 dan solusi uMCP5.

Pencapaian terbaru ini dengan cepat menyusul peluncuran JEDEC dari ekstensi LPDDR5X ke LPDDR5 pada bulan Juli lalu yang diciptakan untuk menawarkan bandwidth dan kecepatan memori yang lebih tinggi untuk meningkatkan komunikasi dan performa 5G sambil tetap menghemat daya.

Micron telah memvalidasi sampel yang mendukung kecepatan data hingga 7,5 gigabit per detik (Gb/s), dengan sampel yang mendukung kecepatan data hingga 8,533 Gb/s. Kecepatan puncak LPDDR5X sebesar 8,533 Gb/dtk menghasilkan performa hingga 33 persen lebih cepat dari pada LPDDR5 generasi sebelumnya.

Berinovasi pada pengalaman ponsel pintar mutakhir membutuhkan teknologi memori yang dibangun untuk memenuhi permintaan bandwidth yang sangat besar dari pasar seluler, jelas Raj Talluri, senior vice president and general manager of Micron Mobile Business Unit.

Dia melanjutkan, kolaborasi dengan MediaTek bertujuan untuk memvalidasi memori seluler tercanggih di dunia, memberdayakan ekosistem untuk menghadirkan berbagai fitur seluler kaya berikutnya, yang ditingkatkan oleh 5G dan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

Level-level baru dalam hal performa memori ini dikatakan sangat penting untuk memasukkan sejumlah besar data ke beberapa mesin pemrosesan heterogen yang dibangun pada System on Chip (SoC) yang kompleks dalam smartphone saat ini. Seiring beban kerja seluler yang semakin canggih, SoC mengandalkan kecepatan data yang tinggi untuk memastikan fitur multitasking yang lancar di seluruh aplikasi dan untuk memungkinkan inferensi AI, augmented reality dan virtual reality, serta grafik yang imersif berjalan dengan mulus.

Pelanggan seluler kami semakin menuntut bandwidth yang lebih tinggi untuk mendukung aplikasi yang kompleks dan membutuhkan data besar yang dibangun untuk era 5G. Dengan memori selulernya yang super cepat, LPDDR5X Micron memenuhi tantangan ini untuk perangkat kelas unggulan, jelas JC Hsu, corporate vice president dan general manager Divisi Wireless Communications Business Unit di MediaTek.

Sebagai bagian dari upaya ini, SoC seluler Dimensity 9000 dari MediaTek akan menjadi yang pertama mendukung memori LPDDR5X, memberikan bandwidth puncak 60 gigabyte per detik yang terdepan di industri untuk smartphone kelas atas dan unggulan.

Chipset baru ini merupakan bagian dari portofolio SoC MediaTek Dimensity 5G, yang menggabungkan konektivitas terbaru, multimedia, AI, dan inovasi pencitraan untuk membuka kemungkinan teknologi 5G bagi konsumen di seluruh dunia. Pengiriman LPDDR5X Micron ke mitra OEM dikombinasikan dengan validasi MediaTek membuka jalan menuju adopsi pasar yang luas.

Artikel Asli