7 Fakta film Akhirat: A Love Story, mirip cerita hidup Della Dartyan

Nasional | brilio.net | Published at Kamis, 25 November 2021 - 05:02
7 Fakta film Akhirat: A Love Story, mirip cerita hidup Della Dartyan

Brilio.net - Della Dartyan dan Adipati Dolken kembali menjadi sepasang kekasih dalam film terbaru mereka Akhirat: A Love Story. Namun, berbeda dengan film yang mereka perankan sebelumnya, dalam film ini kedua pemain film tersebut akan berperan sebagai sepasang kekasih yang berbeda keyakinan.

Akhirat: A Love Story menjadi film fantasi-romantis pertama Indonesia yang mengangkat isu yang banyak dialami oleh banyak kawula muda di Indonesia. Sementara itu, cinta beda agama masih sering dianggap tabu dan bahkan banyak pasangan memilih untuk mengakhiri cinta-kasih mereka yang sudah terjalin dengan baik.

Dalam film ini, kisah cinta beda agama tersebut dibalut dengan latar fantasi yang mungkin sangat sulit terjadi jika hal tersebut terjadi di dunia nyata. Pilihan model cerita ini menjadi pilihan cerdas Jason Iskandar sebagai sutradara film ini.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Rabu (24/11), berikut 7 fakta film Akhirat: A Love Story, mirip cerita hidup Della Dartyan.

1. Debut sang sutradara.

foto: imdb.com

Film Akhirat: A Love Story merupakan debut film panjang bagi Jason Iskandar. Sebelumnya, sutradara umur 30 tahun ini kerap menggarap film pendek dan pernah berhasil meraih Film Pendek Terbaik di Jogja-Netpac Asian Film Festival pada 2010.

2. Film fantasi-romantis pertama Indonesia.

foto: imdb.com

Selain menjadi debut Jason Iskandar, film ini merupakan film pertama Indonesia yang bergenre fantasi-romantis. Karena itu, film ini menjadi genre unik dan belum ada sebelumnya.

3. Adipati Dolken dan Della Dartyan kembali dalam satu film.

foto: imdb.com

Dolken dan Della Dartyan kembali dalam satu film setelah peran mereka dalam film Love for Sale 2 (2019). Dalam film ini, mereka kembali menjadi sepasang kekasih, tetapi dengan alur dan kisah yang berbeda.

4. Mirip cerita hidup Della Dartyan.

foto: imdb.com

Akhirat: A Love Story yang mengangkat kisah cinta beda agama, mirip sekali dengan cerita yang dialami oleh Della Dartyan. Della mengaku bahwa dirinya pernah ada di posisi yang sama dengan karakter Mentari yang diperankannya. Ia pernah menjalin hubungan dengan seseorang yang berbeda agama.

"Sebenarnya kalau hubungan beda agama bukan aku aja sih, ada banyak orang. Mungkin teman-teman di sini juga pernah merasakan walaupun belum pacaran, baru suka-sukaan tapi terhenti sama beda agama. Jadi menurut aku film ini bisa relate sama banyak orang," tutur Della Dartyan seperti yang dilansir dari Kapanlagi.com (23/11).

5. Film pertama BASE Entertainment di bioskop selama pandemi Covid-19.

foto: imdb.com

Film Akhirat: A Love Story menjadi film pertama yang diproduksi oleh BASE Entertainment selama pandemi Covid-19. Sebelumnya, pada Agustus 2020, rumah produksi ini hanya sempat merilis film Guru-Guru Gokil yang hanya tayang di Netflix. Hal ini membuat semua tim BASE Entertainment senang dan sangat antusias untuk menyambut film ini.

6. Terinspirasi dari kisah seseorang.

foto: imdb.com

Jason Iskandar sebagai sutradara film Akhirat: A Love Story terinspirasi dari kisah seorang temannya yang ada dalam posisi cinta beda agama. Cerita tersebut, kemudian ia kemas menjadi sebuah kisah fantasi-romantis.

"Idenya tentu dari teman-teman saya yang menjalani hubungan beda agama, dan kesulitan mereka. Kemudian saya berandai-andai, bagaimana jika ada kesempatan untuk cinta mereka di sebuah dunia fantasi, keputusan apa yang akan dibuat, begitu awalnya," kata Jason saat konferensi pers, pada Selasa (2/11).

7. Syuting film sempat tertunda.

foto: imdb.com

Proses film Akhirat: A Love Story awalnya akan dimulai pada April 2020. Namun, saat pandemi Covid-19 meledak di Indonesia sebulan sebelumnya, syuting pun akhirnya ditunda. Syuting kemudian dilanjutkan setelah Studio Antelope melalui media sosialnya mengumumkan bahwa proses syuting sudah dimulai pada 27 Agustus 2020. Proses syuting kurang lebih berlangsung selama dua bulan dan selesai pada akhir September 2020.

Artikel Asli