Amal Baik Dibalas 10 Kali, Amal Buruk Dibalas Setimpal

Nasional | republika | Published at Kamis, 25 November 2021 - 05:44
Amal Baik Dibalas 10 Kali, Amal Buruk Dibalas Setimpal

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Di dalam Alquran banyak penjelasan tentang Allah yang memiliki sifat pengasih dan penyayang kepada makhluk-Nya. Dalam Surah Al-An'am Ayat 160 dijelaskan bahwa Allah akan membalas amal baik sepuluh kali lipat, sementara amal buruk akan dibalas setimpal. Hal ini menegaskan bahwa Allah Maha Pemurah dan Allah tidak akan merugikan siapapun.



Barangsiapa berbuat kebaikan mendapat balasan sepuluh kali lipat amalnya. Dan barangsiapa berbuat kejahatan dibalas seimbang dengan kejahatannya. Mereka sedikitpun tidak dirugikan (dizalimi). (QS Al-An'am: 160)

Tafsir Kementerian Agama menjelaskan, pada ayat ini diterangkan dengan jelas, siapa yang berbuat amal baik, maka Allah akan memberikan pahala balasannya di hari akhirat dengan sepuluh kali lipat amalnya.

Barang siapa berbuat kejahatan (amal buruk) hanya dibalas setimpal dengan kejahatannya. Sebab Allah tidak akan menganiaya sedikitpun atau merugikan mereka.

Yang dimaksud dengan orang yang beramal baik di sini adalah orang-orang Mukmin, karena amal baik orang kafir sebelum masuk Islam tidak akan bermanfaat bagi mereka di akhirat. Seperti yang diterangkan di dalam firman Allah, "Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan." (QS Al-An'am: 88)

Maksud dari ungkapan "balasan sepuluh kali lipat" di sini belum termasuk apa yang dijanjikan Allah dengan balasan yang jauh lebih banyak dan berlipat ganda kepada orang-orang yang membelanjakan hartanya di jalan Allah sampai 700 kali lipat. Jika kamu meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya Dia melipatgandakan (balasan) kepadamu dan mengampuni kamu. Dan Allah Maha Mensyukuri, Maha Penyantun. (QS At-Tagabun: 17)


Artikel Asli