Cara Gunakan WhatsApp di Laptop Tanpa Internet

Nasional | republika | Published at Kamis, 25 November 2021 - 05:16
Cara Gunakan WhatsApp di Laptop Tanpa Internet

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA Aplikasi pesan singkat WhatsApp terus menghadirkan fitur terbaru. Nantinya, Anda bisa menjalankan akun hingga empat perangkat yang terhubung tanpa memerlukan koneksi internet dari ponsel.

Dukungan multi-perangkat sudah dalam pengujian di perangkat Android dan iOS. Namun, saat ini masih dalam mode beta. Para pengguna masih harus menunggu sebelum diluncurkan di seluruh dunia.

Saat ini, Anda harus menjaga ponsel Anda agar tetap terhubung ke internet supaya bisa menggunakan WhatsApp. Namun, ada cara lain yang bisa Anda gunakan untuk terhubung di laptop tanpa internet dari ponsel dengan mode beta.

Cara menggunakan program beta

Dilansir India Today, Rabu (24/11), bergabung dengan versi beta akan memungkinkan Anda menggunakan WhatsApp di hingga empat perangkat yang terhubung. Anda tidak perlu menjaga ponsel utama Anda tetap terhubung ke internet. Pesan obrolan akan langsung muncul di komputer yang terhubung, di aplikasi desktop atau situs web WhatsApp.

Untuk bergabung dengan program beta, pengguna WhatsApp dapat membuka opsi Pengaturan di ponsel. Kemudian pilih Perangkat Tertaut dan ketuk Gabung Beta di bawah bagian. Setelah berhasil bergabung, pengguna akan dapat menautkan perangkat ke akun mereka.

Cara gunakan dukungan multi perangkat WhatsApp

Setelah Anda mendaftar di program beta, langkah-langkah untuk menggunakan WhatsApp di perangkat tertaut sederhana. Pertama, Anda harus mengunduh aplikasi desktop WhatsApp di laptop atau mengunjungi situs web resmi WhatsApp, yaitu web.whatsapp.com.

Selanjutnya, buka bagian Perangkat yang ditautkan dari Pengaturan WhatsApp di ponsel, seperti yang dilakukan di atas. Halaman pengaturan akan memiliki opsi Line a device tepat di tengah. Klik opsi tersebut supaya dapat menjalankan pemindai kamera pada aplikasi.

Situs web atau aplikasi desktop yang Anda buka di lapto akan menampilkan kode QR. Cukup pindahkan kode ini dengan kamera ponsel dan akun Anda akan segera beroperasi di perangkat baru. Seperti biasa, semua percakapan melalui salah satu perangkat tertaut akan dienkripsi ujung-ke-ujung.

Meskipun sudah menikmati program beta, ada beberapa kekurangan yang perlu diingat. Jika perangkat utama Anda tidak terhubung ke internet dan Anda menggunakan WhatsApp pada sistem tertaut, Anda tidak akan dapat menghapus pesan atau percakapan dari akun Anda.

Selain itu, saat menggunakan perangkat yang ditautkan, Anda hanya dapat bertukar pesan dengan pengguna yang menjalankan WhatsApp versi terbaru di ponsel mereka. Ada dua hal penting yang perlu diingat untuk menggunakan dukungan multi-perangkat.

Pertama, di antara empat perangkat yang terhubung, tidak ada smartphone lain. Anda hanya dapat menjalankan akun WhatsApp Anda di satu ponsel dalam satu waktu. Lainnya dapat berupa laptop atau komputer desktop. Kedua, semua perangkat yang ditautkan akan terputus dari akun WhatsApp jika Anda gagal menggunakan telepon utama selama lebih dari 14 hari. Ini berarti Anda harus menjalankan WhatsApp di ponsel Anda setidaknya sekali setiap beberapa pekan.

Fitur dalam mode beta ini dapat menyebabkan beberapa masalah dengan kinerja aplikasi. Jika itu terjadi, pengguna dapat memilih keluar dari program beta untuk kembali ke versi reguler WhatsApp.

Artikel Asli