Maret Nanti, WHO Prediksi Akan Ada 700 Ribu Korban Baru Akibat Covid-19

Nasional | radartegal | Published at Kamis, 25 November 2021 - 05:00
Maret Nanti, WHO Prediksi Akan Ada 700 Ribu Korban Baru Akibat Covid-19

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO),Selasa (23/11) lalu, memperkirakanakan ada 700.000 kematian baru akibat Covid di Eropa pada Maret nanti.

Jika itu terjadi, total kematian akibat wabah virus corona di Benua Biru akan menjadi di atas 2,2 juta jiwa. Untuk itu, badan PBB itu mendesak agar masyarakat Eropa mau divaksinasi dan mendapatkan dosis vaksin penguat (booster).

Menurut catatan WHO, total kematian kumulatif akibat Covid-19 di 53 negara kawasan Eropa telah melampaui 1,5 juta jiwa. Wilayah Eropa yang dimaksud juga mencakup Rusia dan negara-negara bekas Uni Soviet lainnya, serta Turki.

Kematian yang dilaporkan secara kumulatif diproyeksikan mencapai lebih dari 2,2 juta pada musim semi tahun depan, berdasarkan tren saat ini, ungkap WHO dalam pernyataannya, dikutip Reuters, Rabu (24/11).

Menurut WHO, tekanan tinggi atau ekstrem terhadap unit perawatan intensif (ICU) di rumah sakit-rumah sakit Eropa diperkirakan terjadi di 49 dari 53 negara pada 1 Maret.

Prancis, Spanyol, dan Hongaria termasuk di antara negara-negara yang diperkirakan akan mengalami tekanan ekstrem tersebut dalam penggunaan ICU pada awal 2022.

Saat ini, Belanda mulai mengangkut pasien Covid melintasi perbatasannya ke Jerman pada Selasa waktu setempat. Hal itu terjadi lantaran tekanan kian meningkat pada rumah sakit-rumah sakit di Negeri Kincir Angin.

Tingkat infeksi di Belanda juga melonjak ke level rekor. Sementara, Austria mulai melakukan lockdown secara nasional untuk keempat kalinya pada Senin (22/11/2021). (der/zul)

Artikel Asli