Pelanggar PSBB di Jakarta Akan Diminta Bersihkan Fasilitas Umum Selama 1 Jam

Nasional | okezone | Published at Jumat, 15 Mei 2020 - 03:31
Pelanggar PSBB di Jakarta Akan Diminta Bersihkan Fasilitas Umum Selama 1 Jam

JAKARTA – Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin menjelaskan terkait hukuman sosial yang akan diberikan kepada para pelanggar saat masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) berlangsung di wilayah Ibu Kota.

Berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 41 Tahun 2020, nantinya para pelanggar akan disuruh membersihkan fasilitas umum dengan durasi selama satu jam.

"Sanksi kerja sosial ini diberikan kepada mereka untuk melakukan kegiatan pembersihan tempat fasilitas umum, di jalan, di taman, dan sebagainya," kata Arifin di Jakarta, Kamis 14 Mei 2020.

Tidak hanya itu, lanjut dia, mereka akan diminta oleh petugas Satpol PP untuk mengenakan rompi oranye yang bertuliskan di bagian belakangnya 'Pelanggar PSBB'.

Hal itu agar sanksi yang dijatuhkan membuat jera pelanggar dan tidak mengulangi kesalahan serupa.

"Mereka yang melanggar akan menggunakan rompi saat bekerja, sebagai tanda yang bersangkutan sedang mendapatkan sanksi daripada pelanggaran PSBB, rompi warna oranye bertuliskan 'Pelanggar PSBB'," ungkapnya.

Sebagai informasi, berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 41 Tahun 2020 tentang Pengenaan Sanksi Terhadap Pelanggaran Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Penanganan Covid-19 di Provinsi Daerah Ibu Kota DKI Jakarta, hukuman itu berlaku bagi para pelaku pelanggaran yang tak mengenakan masker, berboncengan saat naik motor, dan mengendarai mobil dengan kapasitas melebihi muatan.

Artikel Asli