Ajang IATC, Bypass BIL-Mandalika Padat Merayap

Nasional | republika | Published at Minggu, 14 November 2021 - 23:06
Ajang IATC, Bypass BIL-Mandalika Padat Merayap

REPUBLIKA.CO.ID, PRAYA -- Arus lalulintas kendaraan di jalan bypass Bandara Internasional Lombok (BIL) -Mandalika mengalami kemacetan yang cukup pajang pada ajang balapan Idemitsu Asian Talent Cup (IATC) di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

"Iya padat merayap akses jalan dari Bandara menuju Sirkuit Mandalika," kata Kasatlantas Polres Lombok Tengah, AKP Donny Wira Setiawan di Praya, Lombok Tengah, Ahad (14/11).

Untuk mengurangi kemacetan kendaraan warga yang pergi untuk menonton ajang balapan MotoGP Junior di Sirkuit Mandalika tersebut, Polres Lombok Tengah memberlakukan sistem buka tutup jalan. Setelah diberlakukan sistem buka tutup jalan, arus lalulintas dari bandara menuju Mandalika telah normal kembali dan sebaliknya dari Mandalika menuju bandara tetap lancar.

"Ini tanda-tanda kebangkitan ekonomi masyarakat dengan adanya ajang balapan di Sirkuit Mandalika," kata Dony.

Informasi yang dihimpun wartawan, antusiasme masyarakat Nusa Tenggara Barat untuk menyaksikan balapan motor di Sirkuit Pertaminan Mandalika tersebut cukup banyak. Hal itu terlihat dari warga yang terus berdatangan bersama keluarga dan temannya untuk menonton balapan.

Dimana pemerintah daerah bersama penyelenggara memberikan tiket gratis bagi warga NTB untuk menyaksikan balapan IATC dengan syarat tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Beberapa warga yang tidak bisa mendapatkan akses masuk, mereka tidak kehabisan akal, warga terlihat menoton dari perbukitan, pohon dan dari tempat ketinggian seperti dari atas truk dam maupun rumah warga di sekitar area sirkuit.

Seperti diketahui, setelah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Sirkuit Pertamina Mandalika Lombok tersebut menjadi tuan rumah pada ajang IATC tanggal 12-14 November 2021. Selain itu juga, Sirkuit Mandalika dengan panjang 4,31 kilometer dengan 17 tikungan menjadi tuan rumah pegelaran World Superbike (WSBK) tanggal 19-21 November 2021.

Kemudian, berdasarkan kalender MotoGP yang telah dirilis Dorna Sport, Sirkuit Mandalika bakal menjadi lokasi balapan MotoGP pada Maret 2022.

Artikel Asli