Jejaring Relawan Ganjar Pranowo Deklarasi di Kandang Ridwan Kamil

Nasional | rmol.id | Published at Minggu, 14 November 2021 - 20:54
Jejaring Relawan Ganjar Pranowo Deklarasi di Kandang Ridwan Kamil

RMOL.Dukungan untuk sosok Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo terus meluas di sejumlah daerah, utamanya dideklarasikan oleh Jejaring Relawan Ganjar Pranowo (Jarwo) se-Nusantara dan Transnasional dari 31 provinsi dan 10 Jarwo elemen perwakilan luar negeri dan komunitas.

Kali ini, Relawan Jarwo melakukan deklarasi mendukung Ganjar untuk menjadi Capres 2024 di Convention Center, Hotel Sutan Raja, Kabupaten Bandung, Minggu (14/11).

Deklarasi dukungan terhadap Ganjar Pranowo di wilayah kandang Gubernur Ridwan Kamil ini, juga turut diikuti elemen Jarwo luar negeri yang diwakili Australia, Jepang, serta Inggris yang hadir secara virtual.

Ketua Umum Jarwo Center, Budi Mulyawan, membantah anggapan yang menyatakan deklarasi kali ini sengaja mengambil tempat di Kabupaten Bandung, Jawa Barat karena dikaitkan dengan Ridwan Kamil yang namanya disebut-sebut lembaga survei masuk bursa kandidat Capres.

Menurut Budi, salah satu pertimbangan diselenggarakannya deklarasi di Jawa Barat karena menyesuaikan dengan agenda Musyawarah dan Rakerwil DPW Kombatan (Komunitas Banteng Asli Nusantara) Wilayah Jawa Barat yang DPC-DPC Ormas Nasionais Kombatan.

Jaringan Relawan Jarwo ini terhimpun dalam Jarwo Center dibawa binaan Kombatan. Kebetulan Jawa Barat punya hajat Muswil dan Rakerda, sehingga supaya acara deklarasi berjalan efektif, maka waktu dan tempatnya disatukan dengan kegiatan Kombatan Jawa Barat, kata Budi Mulyawan saat usai deklarasi pada Minggu (14/11).

Pertimbangan lain yang lebih krusial, kata Budi, semata-mata pihaknya ingin memberi penghormatan terhadap masyarakat Jawa Barat, khususnya Bandung yang menyimpan nilai sejarah besar perjuangan bangsa Indonesia di mata dunia.

Menurutnya, di zaman kolonial rakyat Bandung dikenal gigih dalam perang melawan penjajahan hingga muncul sebutan Bandung Lautan Api, dan sekaligus memiliki pesan moral sebagai bangsa yang anti penindasan dengan semboyan Mari Bang Rebut Kembali.

"Bahkan, Bapak Proklamator Bung Karno menorehkan sejarah mengguncang dunia karena kepeloporannya membebaskan dunia dari penindasan dengan menyelenggarakan Konferensi Asia Afrika di Bandung, kata Budi.

Karena terdorong memperkuat semangat nasionalisme dan cita-cita besar Bung Karno menjadikan Indonesia sebagai Negara dan bangsa besar, Cepi menekankan bahwa pihaknya bersama-sama pegiat Ormas Kombatan membangun jaringan relawan Jarwo se-Nusantara dan TransNasional.

Alasannya, Relawan Jarwo menginginkan hasil kerja kepemimpinan Presiden Joko Widodo selama dua periode, dan berasal dari rakyat jelata, tak berhenti membuktikan mewujudkan cita-cita Proklamator Bung Karno dan para founding fathersnegeri ini.

"Jajaring Jarwo tidak ingin arah Indonesia untuk menjadi negara besar berbelok atau terhenti," tuturnya.

"Karena itu, kami siap mendukung total Ganjar Pranowo diiplih rakyat jadi Capres dan Presiden penerus visi misi Presiden Jokowi, kata Cepi, yang juga Ketua Umum DPN Kombatan. []

Artikel Asli