Jumlahnya Capai 22, 7 Persen Pemilih Jokowi Jatuh Hati Ke Prabowo

Nasional | rm.id | Published at Minggu, 14 November 2021 - 20:10
Jumlahnya Capai 22, 7 Persen Pemilih Jokowi Jatuh Hati Ke Prabowo

Hasil riset Indonesia Survey Center menyebut sebanyak 22,7 persen pemilih pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 akan memilih Prabowo Subianto pada kontestasi 2024.

Peneliti Senior Indonesia Survey Center, Chairul Ansari, mengungkapkan, ada beberapa faktor yang menyebabkan pemilih Presiden Jokowi jatuh hati kepada Prabowo. Di antaranya, Prabowo dianggap serius menjalankan tugasnya menjadi Menteri Pertahanan (Menhan).

"Mereka menilai Prabowo fokus menggarap dan menyelesaikan program-program yang diperintahkan Jokowi. Itu salah satu alasannya," ungkap Chairul, saat mempresentasikan hasil surveinya secara daring, Minggu (14/11).

Kemudian, alasan kebangsaan. Para Pemilih Jokowi menilai Prabowo negarawan karena mau menerima ajakan Presiden bergabung di kabinet.

Alasan berikutnya, Jokowi dan Prabowo dianggap memiliki memiliki hubungan baik. Karena, keduanya sering bersama, terutama terkait program Kementerian Pertahanan.

Selain Prabowo, pemilih Jokowi akan memilih Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo 12,6 persen, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan 12,2 persen, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno 5,7 persen, Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono/AHY 4,5 persen, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 4,3 persen, Ketua DPR Puan Maharani 3,6 persen, dan Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto 2,9 persen.

Riset Indonesia Survey Center ini dilaksanakan dengan mewawancarai langsung 1.520 responden yang telah memiliki hak pilih di 34 provinsi pada 7-21 Oktober 2021. Penelitian dilakukan menggunakan teknik teknik multistage random sampling dengan margin of error 2,5 persen dan level of confidence 95 persen. [SRF]

Artikel Asli