Masuk Musim Penghujan, BPBD Brebes Latih Relawan Kaji Kebutuhan Pascabencana

Nasional | radartegal | Published at Minggu, 14 November 2021 - 20:03
Masuk Musim Penghujan, BPBD Brebes Latih Relawan Kaji Kebutuhan Pascabencana

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Brebes menggelar pelatihan pengkajian kebutuhan pascabencana kepada Tim Satgas Tanggap Darurat Bencana, Minggu (14/11). Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya penanganan jika terjadi sebuah bencana.

Kepala Bidang Rehabilitasi Kontruksi BPBD Kabupaten Brebes Leo Alamudin mengatakan jika pelatihan tersebut tidak lain untuk meningkatkan kapasitas para relawan dan kerja sama tim dalam upaya penanganan kebencanaan. Apalagi, saat ini sudah mulai masuk musim penghujan.

"Pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari di wilayah Obyek Wisata Waduk Malahayu Kabupaten Brebes. Di mana, pelatihan ini diikuti sedikitnya lima puluh orang relawan dari berbagai unsur yang dilibatkan dalam pelaksanaan latihan ini," ujarnya.

Dijelaskannya, ada beberapa materi yang diberikan dalam pelatihan tersebut. Materi yang diberikan mulai dengan persiapan tim, kemudian pengumpulan data analisis data dan pelaporan. Selain materi, peserta juga mendapatkan pelatihan teknik dalam penangan darurat kebencanaan di antaranya tali temali, membuat tandu, dan penanganan korban.

"Harapannya dengan ada pelatihan ini, tim relawan bisa memberikan pencegahan dan penanganan pascabencana," ucapnya.

Salah seorang peserta pelatihan, Ria Ade Utami mengaku banyak mendapatkan pengalaman dalam pelatihan ini. Tidak hanya ilmu pengetahuan, dari pelatihan ini dirinya juga dapat menjalin silaturahim dengan relawan lainnya. Dengan bekal pelatihan ini,dia siap diterjunkan ke wilayah terdampak bencana untuk membantu sesama.

"Dari latihan ini kami bisa lebih memahami bagaimana nilai kemanusiaan. Sehingga, dengan latihan ini nantinya kami siap terjun saat terjadi bencana alam," pungkasnya. (ded/ima)

Artikel Asli