Sindir Jokowi, Fadli Zon Disentil Ngabalin

Nasional | sindonews | Published at Minggu, 14 November 2021 - 19:49
Sindir Jokowi, Fadli Zon Disentil Ngabalin

JAKARTA - Sindiran Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait banjir di Sintang, Kalimantan Barat, mendapat sorotan banyak pihak. Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin menjadi salah satu orang yang menyorotinya.

Ngabalin menilai Fadli Zon perlu lebih sering membaca aturan sebelum mengeluarkan kritik. "Jangan banyak ngoceh. Kalau dia berteriak-teriak nanti malu, masak DPR tidak mengerti. Suruh baca, belajar lagi," kata Ngabalin dihubungi wartawan, Minggu (14/11/2021).

Kurang baca regulasi yang dimaksud Ngabalin adalah soal pembagian tugas dalam penanganan bencana di suatu wilayah. Ngabalin menjelaskan, tidak semua bencana harus ditangani oleh seorang presiden.

"Suruh dia (Fadli Zon, red) baca undang-undang regulasi. Kalau dia DPR, dia harus tahu aturannya, harus mengerti pada tingkat mana skala nasional ditangani," kata Ngabalin.

Sebelumnya, kegiatan Jokowi mengunjungi sekaligus meresmikan Sirkuit Mandalika mendapat kritik dari Fadli Zon. Politikus Partai Gerindra itu meminta Presiden Jokowi juga untuk datang ke Sintang yang saat ini tengah dilandar banjir.

"Pada tingkat mana provinsi bencana daerah ditangani, dan pada tingkat mana bupati, wali kota penanganannya," kata Ngabalin.

Dia juga meminta Fadli Zon sebagai anggota dewan tidak hanya bisanya sekadar mengkritik. Kata Ngabalin, Fadli Zon bisa mengumpulkan dana bersama anggota DPR lainnya untuk membantu korban banjir Sintang.

Artikel Asli