Kafe di Kawasan Sudimoro Kota Malang Dibobol Maling, Kerugian Capai Rp 12 Juta

Nasional | jatimtimes.com | Published at Minggu, 14 November 2021 - 19:31
Kafe di Kawasan Sudimoro Kota Malang Dibobol Maling, Kerugian Capai Rp 12 Juta

JATIMTIMES - Kafe Arti Kopi yang berada di kawasan Sudimoro atau yang terletak di Jalan Ikan Tombro, Kelurahan Mojolangu, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang menjadi sasaran pembobolan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun JatimTIMES.com, peristiwa pembobolan tersebut berlangsung pada hari Sabtu (13/11/2021) sekitar pukul 04.58 WIB. Di mana kondisi kafe-kafe yang berada di kawasan Sudimoro tersebut masih tertutup rapat.

Salah satu karyawan Arti Kopi yakni Mohammed Fayan (24) mengatakan, dari peristiwa pembobolan tersebut, pihaknya menelan kerugian mencapai Rp 12 juta. Hal itu dikarenakan terdapat beberapa barang berharga dan uang tunai yang diambil oleh maling tersebut.

"Barang yang hilang ada HP kasir, uang tunai di mesin kasir Rp 2 juta, satu alat grinder espresso, dua buah portafilter, satu buah ketel, tiga timbangan, beberapa rokok, dua buah temper dan total kerugian sekitar Rp 12 juta," ungkap Fayan kepada JatimTIMES.com, Minggu (14/11/2021).

Fayan pun kemudian menjelaskan kronologis pembobolan tersebut. Mulanya dirinya bersama rekan pekerja dari Arti Kopi datang ke kafe pada hari Sabtu (13/11/2021) sekitar pukul 08.00 WIB menaruh curiga dengan kondisi kafe yang papan pintunya sudah terbuka.

"Para pegawai curiga karena dua engsel pengunci pada pintu depan kafe dalam keadaan rusak, tapi gemboknya masih ada, namun engsel penguncinya dalam kondisi rusak," jelas Fayan.

Tampak mesin kasir Arti Kopi yang dibobol oleh pelaku.

Saat memasuki area kafe, Fayan bersama rekannya menyadari bahwa beberapa barang milik Arti Kopi telah hilang. Dirinya pun bergegas langsung mengecek rekaman kamera CCTV (Closed Circuit Television).

Dari hasil rekaman CCTV tersebut terlihat pada pukul 04.58 WIB satu orang pelaku memakai helm telah masuk ke area Arti Kopi dari pintu depan dan mengambil beberapa barang atau aset milik Arti Kopi.

"Pelaku yang masuk ke dalam kafe berjumlah satu orang dan memakai helm warna metalik," kata Fayan.

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan bahwa kafe yang berada tepat di sebelah Arti Kopi yakni Kafe Ruang Tamu juga menjadi sasaran pembobolan maling. Diduga pelaku pembobolan di Ruang Tamu, merupakan orang yang sama dengan pelaku yang membobol di Arti Kopi.

"Untuk barang kafe Ruang Tamu yang diambil pelaku, yaitu mesin kopi, uang tunai sekitar Rp 1,4 juta, dan beberapa rokok," ujar Fayan.

Dengan adanya peristiwa ini, Fayan telah membuat laporan ke Polresta Malang Kota. Dirinya berharap agar pelaku dapat segera tertangkap. Karena sudah meresahkan para pengelola kafe, utamanya yang ada di kawasan perkopian Sudimoro.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polresta Malang Kota Kompol Tinton Yudha Riambodo mengatakan, bahwa pihaknya telah menerima laporan pencurian di kafe yang berada di kawasan Sudimoro tersebut.

"Benar korban sudah membuat laporan. Saat ini kami masih lakukan penyelidikan dan masih kami dalami," pungkas Tinton.

Artikel Asli