Jika Pilpres Digelar Hari Ini: Prabowo Posisi Pertama, Ganjar dan Anies Bersaing

Nasional | sindonews | Published at Minggu, 14 November 2021 - 18:56
Jika Pilpres Digelar Hari Ini: Prabowo Posisi Pertama, Ganjar dan Anies Bersaing

JAKARTA - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menempati urutan tertinggi berdasarkan hasil survei yang dilakukan Indonesia Survey Center sebagai calon presiden 2024 . Prabowo dipilih 20,3% responden jika pemilihan presiden atau pilpres digelar hari ini.

"Tokoh masih dipegang oleh Prabowo sebesar 20,3%. Jadi responden itu memilih Prabowo Subianto," kata Peneliti Indonesia Survey Center Chairul Ansari dalam rilis Temuan Survey Nasional: Elektabilitas Tokoh Menuju Pemilu 2024, Minggu (14/11/2021).

Sosok Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersaing ketat di posisi kedua dan ketiga dengan 12,3% dan 12,1%. Lalu, ada nama Wakil Menparekraf Sandiaga Uno dengan 4,8%. "Ganjar Pranowo ini berada di posisi kedua 12,3%, lalu ada Anies Baswedan 12,1%. Di posisi keempat ada Sandiaga Uno 4,8%," katanya.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY bersaing dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di posisi kelima dan keenam. Perbedaan suara antara keduanya, jelas Chairul, hanya terpaut 0,2%. "AHY itu ada 4,3% dan Ridwan Kamil 4,1% ya," katanya.

Namun, dari survei yang dilakukan dengan pertanyaan terbuka ini, jumlah responden yang belum menentukan pilihannya masih cukup tinggi, yaitu 21,9%. Penyebabnya gelaran Pilpres yang masih berlangsung dua tahun mendatang.

"Kita lihat undecided voters itu ada 21,9%, jadi masih cukup tinggi karena ini masih jauh ya. Masih ada kurang lebih dua tahun mereka untuk berpikir akan menjatuhkan pilihannya ke siapa," katanya.

Survei yang dilakukan oleh Indonesia Survey Center ini dilaksanakan pada 7 hingga 21 Oktober 2021 terhadap 1.520 responden mewakili 34 provinsi di Indonesia. Data tersebut diambil melalui wawancara tatap muka terhadap responden yang dipilih secara multistage random sampling. Margin of error plus minus 2,5% serta tingkat kepercayaan 95%.

Artikel Asli