Senjata Ampuh Melawan Covid-19

Nasional | sindonews | Published at Minggu, 14 November 2021 - 12:32
Senjata Ampuh Melawan Covid-19

JAKARTA - Target 70 persen masyarakat telah disuntik vaksin Covid-19 pada akhir tahun 2021 diharapkan bisa tercapai. Diketahui, total vaksinasi dosis pertama hingga Minggu 14 November 2021 pukul 12.00 WIB sudah mencapai 130.283.345 dosis.

Sedangkan total vaksinasi dosis kedua telah mencapai 84.161.759 dosis. "Meskipun itu belum sesuai target yang kita harapkan, paling tidak akhir tahun itu bisa 70 persen ya, mudah-mudahan bisa tercapai, ini bisa menjadi salah satu senjata kita kekebalan masyarakat kita melawan Covid-19," kata Anggota Komisi IX DPR Rahmad Handoyo, Minggu (14/11/2021).

Masyarakat yang telah mendapatkan vaksinasi diharapkannya tetap menaati protokol kesehatan di manapun dan pada kesempatan apa pun. Sebab, kata dia, vaksinasi saja masih belum cukup.

"Meskipun protokol kesehatan juga tidak cukup melawan Covid-19, ya jadi kolaborasi perubahan perilaku melalui 3 M kemudian program vaksinasi itu senjata ampuh kita melawan Covid-19," kata politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini.

Selain itu, ancaman Covid-19 varian Delta Plus atau AY.4.2 perlu diwaspadai. Terlebih, Covid-19 varian Delta Plus atau AY.4.2 sudah teridentifikasi di Malaysia. Sedangkan posisi Indonesia dengan Malaysia berdekatan.

Kendati demikian, menurut dia, capaian vaksinasi Covid-19 saat ini di Tanah Air tidak membuat lengah, lalai, atau kendor masyarakat dalam menaati protokol kesehatan. "Protokol kesehatan menjadi salah satu hal yang sangat mutlak di samping dengan vaksinasi, jadi ini tetap kita gelorakan agar target vaksinasi 70 persen itu tercapai di seluruh Indonesia, sehingga kita tambah keyakinan tambah bergotong royong, tambah bersabar dalam perang melawan Covid-19," tuturnya.

Apalagi, lanjut dia, insfratruktur untuk mencapai target vaksinasi itu sudah siap di seluruh Indonesia. "Terutama di Jawa maupun di daerah yang lain itu saya kira kerja sama, gotong royong, bidan desa, nakes kita, perangkat desa, perangkat kelurahan sangat siap," katanya.

Sementara itu, Anggota Komisi IX DPR RI Wenny Haryanto membeberkan kunci untuk menjaga kondisi tubuh agar tidak mudah terpapar virus Covid-19. "Yaitu menjaga imun tubuh dan iman, imun tubuh yaitu mematuhi protokol kesehatan, mengikuti vaksin, meminum vitamin dan berolahraga," kata Wenny Haryanto.

Sedangkan untuk iman, ujar dia, yaitu tetap berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. "Agar terhindar dari virus Covid-19 maupun virus yang lain, jika itu dilakukan, maka saya yakin kesehatan tubuh jasmani dan rohani kita bisa terhindar dari Covid-19," imbuhnya.

Dirinya pun memberikan saran kepada masyarakat untuk menghadapi liburan akhir tahun. "Saran saya untuk libur akhir tahun sebaiknya digunakan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah saja, karena demi menjaga keamanan bersama," pungkasnya.

Artikel Asli