Minum Teh Bisa Bikin Perut Buncit Mengecil

Nasional | republika | Published at Minggu, 14 November 2021 - 17:45
Minum Teh Bisa Bikin Perut Buncit Mengecil

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lemak visceral yang berlebih akan membuat tampilan perut semakin membuncit. Diperlukan beragam upaya untuk bisa mengurangi lemak visceral. Jenis teh berkafein yang tepat dapat membantu upaya-upaya mengurangi lemak visceral menjadi lebih mudah.

Teh berkafein dapat dibagi menjadi beberapa kategori. Kategori tersebut adalah hijau, hitam, putih, dan jasmine atau melati. Di antara beragam jenis teh ini, teh hijau merupakan jenis teh yang paling banyak diteliti manfaatnya untuk mengurangi lemak.

"Bila Anda memilih satu teh khusus untuk diminum yang bisa membantu mengurangi lemak di badan, teh hijau sepertinya merupakan jawabannya," jelas ahli gizi Caroline Thomason RDN, seperti dilansir EatThis, Ahad (14/11).

Thomason mengatakan teh hijau diketahui kaya akan antioksidan bernama EGCG yang diketahui dapat meningkatkan metabolisme. Sebuah studi menunjukkan bahwa empat cangkir teh hijau dapat memperbaiki tekanan darah dan berat badan penderita diabetes.

Studi yang berlangsung selama 14 tahun juga menemukan bahwa orang yang mendapatkan asupan antioksidan tinggi cenderung memiliki indeks massa tubuh (IMT) yang lebih rendah. Antioksidan ini termasuk katekin dan flavonoid yang bisa ditemukan pada teh.

Akan tetapi, pengurangan lemak visceral tak bisa hanya bergantung pada konsumsi teh saja. Beberapa upaya lain juga perlu dilakukan untuk mengurangi lemak tersebut.

Seperti dilansir Health Direct , salah satu upaya yang diperlukan untuk mengurangi lemak visceral adalah berolahraga minimal 30 menit per hari. Olahraga ini bisa berupa jalan cepat, bersepeda, olahraga aerobik, dan latihan kekuatan.

Beberapa upaya penting lain yang juga perlu dilakukan adalah menerapkan pola makan yang sehat dan menghindari kebiasaan merokok. Mengurangi minuman manis dan mendapatkan tidur yang cukup pun penting untuk dilakukan saat ingin mengurangi lemak visceral.

Lemak visceral atau lemak perut merupakan lemak yang tersimpan di antara organ-organ di dalam perut. Berbeda dengan lemak subkutan yang tersimpan di bawah kulit an bisa dirasakan, lemak visceral tersembunyi di bagian dalam tubuh.

Kelebihan lemak visceral dapat membuat perut tampak membuncit. Kelebihan lemak visceral juga dapat memicu produksi hormon dan zat kimia yang beracun bagi tubuh. Individu bertubuh kurus yang memiliki perut buncit juga berisiko terhadap masalah kesehatan.

Artikel Asli