Luhut Ingin Audit LSM, Ini Kata Masyarakat Anti Korupsi

Nasional | limapagi.id | Published at Minggu, 14 November 2021 - 16:55
Luhut Ingin Audit LSM, Ini Kata Masyarakat Anti Korupsi

LIMAPAGI - Masyarakat Anti Korupsi (MAKI) mengaku mendukung upaya Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (LBP) yang ingin mengaudit data Non-Government Organisation (NGO) atau Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Indonesia.

Koordinator MAKI, Boyamin Saiman mengatakan pihaknya siap menjadi lembaga yang diaudit oleh Luhut. Menurut Boyamin, audit yang dilakukan pemerintah itu sebagai upaya saling kontrol.

"LSM dalam geraknya adalah mengontrol Pemerintah sehingga sebaliknya LSM harus bersedia dikontrol Pemerintah sebagai bentuk check and balance," ujar Boyamin dalam keterangan tertulis, Minggu 14 November 2021.

Menurut Boyamin, audit ini bukan sebagai bentuk intervensi terhadap independensi kerja-kerja LSM. MAKI, kata Boyamin, tidak akan risih jika dilakukan audit oleh pemerintah.

"Kalau bersih, kenapa takut? MAKI justru memahami audit yang dilakukan pemerintah akan kredibel karena dilakukan oleh pihak luar LSM. Jika audit dilakukan oleh LSM sendiri maka publik diperkirakan meragukannya," ujar Boyamin.

Boyamin mengatakan MAKI sangat terbuka. Sebab, selama ini MAKI berjalan di atas pembiayaan kantor hukum Boyamin Saiman dan tidak ada pembiayaan dari pemerintah atau lembaga donor lain.

"Sebagai bentuk keseriusan MAKI minta audit oleh Luhut, MAKI akan berkirim surat resmi kpd LBP , jika MAKI tidak dilakukan diaudit maka MAKI akan gugat LBP ke Pengadilan Tata Usaha Negara," ujar Boyamin.

Sebelumnya, Luhut berniat mengaudit LSM di Indonesia. Hal itu dilakukan karena ia menganggap LSM kerap menyebarkan informasi tidak benar. Namun, Luhut belum mengungkap audit seperti apa yang akan dilakukan.

Artikel Asli