Meningkat 220 Persen, Lalamove Terus Dukung Mitra Bisnis UMKM Di Tengah Pandemi Covid-19

Nasional | rm.id | Published at Minggu, 14 November 2021 - 16:43
Meningkat 220 Persen, Lalamove Terus Dukung Mitra Bisnis UMKM Di Tengah Pandemi Covid-19

Lalamove hadir di Indonesia, mendukung para pejuang usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam pengiriman produk-produk ke tangan pelanggan dengan aman. Selama pandemi ini, Lalamove Indonesia mencatat peningkatan yang cukup signifikan pada mitra bisnis maupun mitra pengemudi.

Saat ini UMKM yang terdaftar menjadi mitra bisnis Lalamove meningkat selama pandemi sebesar 220 persen," kata City Director Lalamove Indonesia, Andi M Rizki, seperti keterangan yang diterima RM.id , Minggu (14/11).

Ia mengatakan, mitra-mitra Lalamove, baik mitra bisnis dan pengemudi, juga telah menjadi pahlawan untuk keluarga dan lingkungannya dengan terus berjuang di tengah pandemi ini.

Selain itu, kata dia, mitra pengemudi Lalamove juga mengalami peningkatan selama pandemi ini untuk roda 2 meningkat 19 kali lipat, sedangkan roda 4 meningkat 7 kali lipat dibandingkan tahun 2020.

Menurut Andi, memperingati Hari Pahlawan pada 10 November lalu, Lalamove berterima kasih untuk seluruh mitra, baik itu mitra bisnis dan juga mitra pengemudi yang tetap berjuang dan berusaha untuk bertahan selama pandemi ini serta tidak kenal lelah untuk menjadi pahlawan bagi lingkungan dan keluarganya.

"Di tengah kondisi sulit ini, jasa pengiriman barang menjadi solusi ketika banyaknya pembatasan untuk bertransaksi tatap muka. Untuk itu, Lalamove hadir ditengah masyarakat Indonesia guna membantu mengakselerasikan peluang-peluang bisnis ataupun menambah penghasilan melalui teknologi pengiriman instan yang diharapkan mampu membantu pemulihan ekonomi di Indonesia," ungkap Andi.

Menurut data Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) pada tahun 2020, sebanyak 88 persen perusahaan di Indonesia terdampak pandemi Covid-19 dan Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah pengangguran mencapai 8,75 juta orang pada Februari 2021.

Andi mengatakan, kini Lalamove telah hadir di kota-kota besar di Indonesia, yakni Jabodetabek, Bandung dan juga Surabaya. Menurut data Lalamove, mayoritas sektor industri yang menjadi mitra bisnis Lalamove adalah F&B sebesar 50,7 persen, wholesale/retail 19,6 persen, dan flowers sebesar 6,7 persen.

"Dari data ini kita dapat melihat bahwa masyarakat Indonesia mencari alternatif lain dalam memenuhi kebutuhannya dengan membangun usaha rumahan atau UMKM untuk menjadi mata pencarian utama maupun tambahan," bebernya.

Sementara, Chairman Sellfish Indonesia Dwi Andika Irawan mengungkapkan, peningkatan sektor usaha frozen food di masa pandemi membuat Sellfish kesusahan mencari partner untuk logistik atau pengantaran barang dagang.

Namun dengan kehadiran Lalamove, usaha Sellfish pun sangat terbantu. Lalamove menawarkan kemudahan dan kenyamanan dalam penggunaan jasa antar barang.

Harga yang ditawarkan juga terjangkau, dengan diiringi kualitas mitra pengemudi yang ramah dan jujur dalam mengantarkan barang sampai ke tujuan. Sellfish pun merasa nyaman dan aman dalam menggunakan jasa pengantaran Lalamove.

Salah satu driver perempuan yang merasakan imbas dari adanya pandemi Covid-19, Peggy Christina Dewi mengatakan, waktu masih kerja kantoran, ia sudah menjadi mitra pengemudi juga di Lalamove.

Lumayan untuk menambah pemasukan. Dulu, biasanya ambil orderan hanya di hari Sabtu dan Minggu karena kan liburnya cuma di hari itu. Enaknya di Lalamove karena tidak terikat, ungkap Peggy Christina Dewi. [DIR]

Artikel Asli