Datang ke Jatim, Anies Baswedan Berbagi Strategi di Tengah Pandemi

Nasional | jawapos | Published at Minggu, 14 November 2021 - 15:54
Datang ke Jatim, Anies Baswedan Berbagi Strategi di Tengah Pandemi

JawaPos.com Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berkunjung ke Jawa Timur sejak Jumat (12/11). Dia menjadi keynote speaker pada acara diskusi milenial yang dihelat di Hotel Bumi, Surabaya. Acara itu menjadi ajang berbagi strategi antara dua provinsi. Yakni, Provinsi DKI Jakarta yang disampaikan Anies dan Provinsi Jawa Timur oleh Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Aris Mukiyono. Keduanya dipanelkan dengan mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan.

Anies memaparkan sejumlah kemajuan di DKI Jakarta. Salah satunya dalam menangani Covid-19 dan transportasi umum. Pada masa pemulihan ekonomi, Anies mengajak pelaku UMKM menyisir pasar digital. Sekitar 93,5 persen pelaku usaha merupakan UMKM. Sisanya, yaitu 6,5 persen, adalah pelaku usaha besar.

Saat ekonomi mulai terkendali, kami memastikan yang mikro bisa masuk pasar digital, ujarnya. Sebab, pasar berbasis digital mengalami peningkatan yang cukup pesat. Anies yakin UMKM berbasis digital bisa meraih pangsa pasar yang luas.

Secara umum, langkah yang diambil Pemprov DKI Jakarta hampir sama dengan Pemprov Jatim. Di awal pandemi, pertumbuhan ekonomi Jawa Timur mengalami kontraksi. Kebijakan pun diterapkan untuk menjaga stabilitas ekonomi.

Artikel Asli