Kulit tetap mulus, 7 makanan ini bisa cegah stretch mark saat hamil

Nasional | brilio.net | Published at Minggu, 14 November 2021 - 15:31
Kulit tetap mulus, 7 makanan ini bisa cegah stretch mark saat hamil

Brilio.net - Kerutan pada kulit tubuh, atau yang biasa dikenal dengan nama stretch mark bisa dialami siapa saja. Umumnya, stretch mark terjadi pada sejumlah orang yang sedang hamil. Kulit yang mengalami peregangan saat janin mulai membesar, bisa menimbulkan kerutan-kerutan halus pada kulit bagian perut.

Meski normal terjadi, namun bagi sejumlah orang, kerutan ini kerap dianggap mengganggu penampilan. Makanya banyak diciptakan produk pelembap khusus untuk mencegah maupun menghilangkan stretch mark. Tetapi, stretch mark juga bisa diatasi secara alami dari dalam, lho.

Sebelum muncul stretch mark, wanita-wanita yang sedang hamil bisa mencegahnya dengan rutin menjalankan pola makan sehat. Cara ini selain bisa mencegah kerutan, juga bisa memberi nutrisi pada calon bayi di dalam perut dan ibu hamil agar tetap sehat.

Penasaran gimana caranya? Berikut tujuh makanan yang bisa cegah stretch mark saat hamil agar kulit tetap mulus, dilansir BrilioFood dari berbagai sumber, Minggu (14/11).

1. Ikan.

foto: pexels.com

Ibu hamil yang rajin mengonsumsi ikan bisa bermanfaat mencegah munculnya stretch mark, lho. Namun, perlu diperhatikan juga jenis ikannya. Menurut penelitian Dietary Guidelines for Americans pada 2010, jenis ikan yang baik dikonsumsi adalah ikan salmon, makarel, dan sarden yang tinggi asam lemak omega-3.

Namun, tetap harus berkonsultasi ke dokter gizi atau kandungan mengenai ikan yang aman untuk dikonsumsi, ya. Sebab, sejumlah ikan ada yang mengandung merkuri dan sebaiknya dihindari oleh ibu hamil.

2. Biji-bijian.

foto: pexels.com

Biji-bijian bisa jadi alternatif camilan sehat saat hamil. Tahukah kamu, kalau biji-bijian seperti flaxseed atau biji chia juga punya asam lemak omega-3 yang tinggi? Nggak kalah bernutrisi dibanding ikan, lho.

3. Kacang.

foto: pexels.com

Dilansir dari medicalnewstoday.com, kacang kedelai dan kacang walnut nggak hanya baik untuk janin. Dengan rutin mengonsumsi kacang-kacangan, bisa mencegah munculnya garis-garis halus pada kulit perut saat hamil.

4. Mengonsumsi vitamin D.

foto: pexels.com

Vitamin D nggak hanya bisa didapat melalui suplemen, lho. Tapi, juga bisa didapat dari berjemur di bawah matahari serta dari mengonsumsi makanan sehat. Menurut nhs.uk, telur dan daging merah baik dikonsumsi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan vitamin D.

Vitamin D sendiri penting untuk menjaga kesehatan dan elastisitas kulit. Sehingga, dengan rutin mengonsumsinya saat hamil, stretch mark bisa dicegah.

5. Buah-buahan.

foto: pexels.com

Saat hamil maupun tidak, pastinya semua orang dianjurkan untuk mengonsumsi banyak buah-buahan demi menjaga kesehatan. Bagi ibu hamil, ada sejumlah buah-buahan yang dapat bermanfaat mencegah stretch mark, lho.

Dikutip dari momsintofitness.com, buah-buahan seperti blueberry, pepaya, jeruk, dan stroberi bagus dikonsumsi untuk mencegah kerutan di kulit perut saat hamil.

6. Sayuran.

foto: pexels.com

Menurut foxnews.com, untuk mencegah stretch mark, penting untuk mendapatkan asupan vitamin A, C, dan E saat hamil. Nah, sejumlah vitamin ini bisa didapat dari sayuran seperti wortel, brokoli, kale, hingga bayam.

7. Ubi.

foto: pexels.com

Siapa sangka ternyata ubi bisa jadi solusi untuk mencegah stretch mark secara ampuh? Menurut eatthis.com, ubi tinggi kandungan vitamin A yang bisa mengembangkan sel-sel kulit serta mencegah munculnya garis dan kerutan halus pada kulit saat hamil.

Artikel Asli