Setelah Enam Tahun Vakum, Akhirnya Kembali ke Jakarta

Nasional | jawapos | Published at Minggu, 14 November 2021 - 15:55
Setelah Enam Tahun Vakum, Akhirnya Kembali ke Jakarta

JawaPos.com- Setelah enam tahun vakum karena renovasi dan pandemi, kompetisi basket tanah air akan kembali digelar di Hall A Basket, Gelora Bung Karno, Jakarta.

Hall A sempat menjadi arena final NBL (National Basketball League) 2015. Kini, hall A akan menjadi venue Indonesian Basketball League (IBL) 2022.

Dirut IBL Junas Miradiarsyah mengonfirmasi hal itu. Dia memastikan bahwa Jakarta akan menjadi seri pembuka IBL 2022. Rencananya, kompetisi dimulai pada minggu kedua Januari 2022.

Tentu dalam persiapan, karena saya rasa pandemi semakin membaik. Senayan adalah tempat bersejarah. Jadi, jika kami kembalikan lagi ini (ke Senayan, Red), ini merupakan momentum bola basket, ujar Junas.

Selain Jakarta, ada lima kota yang akan menjadi venue. Yakni, Surabaya, Solo, Bandung, Jogjakarta, dan Denpasar. Hanya, jumlah seri reguler untuk musim 2022 belum diputuskan.

Ada dua opsi. Pertama, menggelar pertandingan setiap akhir pekan. Kedua, selama tujuh hari beruntun. Nanti melihat situasi terkini dari pandemi. Karena memengaruhi jumlah seri yang akan digelar, lanjut Junas.

Dirut PPK GBK Rakhmadi Afif Kusumo pun mendukung agar IBL digelar di area GBK. Ini juga akan menjadi rangkaian acara basket pada 2022. Misalnya, FIBA Asia Cup 2021 di Istora Senayan.

Kami dari seluruh jajaran dan karyawan di GBK tentu akan mempersiapkannya. Terbukti, kami berhasil melaksanakan Liga 1, dan Liga 2 berjalan dengan baik di GBK. Tentu basket menjadi cabor yang kita sayangi dan dukung akan terlaksana di sini, kata Afif.

Artikel Asli