Kilang Cilacap Kebakaran, Pertamina Pastikan Pasokan BBM dan LPG Aman

Nasional | jawapos | Published at Minggu, 14 November 2021 - 15:05
Kilang Cilacap Kebakaran, Pertamina Pastikan Pasokan BBM dan LPG Aman

JawaPos.com Direktur Utama PT. Pertamina Nicke Widyawati menjamin pasokan BBM dan LPG aman dan tidak terganggu akibat insiden terbakarnya salah satu tangki di area kilang Cilacap, Jawa Tengah. Dia pun memastikan, kilang Cilacap tetap beroperasi secara normal saat terjadi insiden maupun setelah ditangani.

Jadi, mohon tidak ada panic buying karena stok sangat aman. Malah beberapa produk ini di atas standar minimum, jadi ini sudah melebihi standar stoknya, kata Nicke dalam keterangannya, Minggu (14/11).

Nicke menegaskan akan melakukan evaluasi dan investigasi yang menyeluruh terkait insiden di Kilang Cilacap tersebut. Karena hal ini dianggap hal penting.

Evaluasi dan investigasi ini sangat penting dan kita ambil lesson learned -nya, ucap Nicke.

Nicke juga mengatakan, penanganan masyarakat menjadi prioritas utama dalam insiden ini. Dia menuturkan, masyarakat di sekitar lokasi kilang sempat dialihkan ke lokasi yang lebih aman, namun semalam semua masyarakat telah kembali ke rumah masing-masing.

Kami siapkan tim medis jika memang diperlukan. Jadi penanganan masyarakat merupakan prioritas utama Pertamina. Saya ucapkan terima kasih kepada tim Pertamina dan semua pihak baik di daerah maupun pusat. Kami pastikan bahwa pasokan BBM dan juga Elpiji kepada masyarakat tidak mengalami gangguan dan kilang tetap kami operasikan secara normal, ucap Nicke.

Sebagaimana diketahui, kilang Cilacap merupakan satu di antara enam kilang Pertamina dengan kapasitas pengolahan 270 ribu barel per hari. Kilang itu memiliki sekitar 200 tangki untuk menampung crude yang akan diolah, gas, serta BBM hasil pengolahan minyak mentah.

Kilang Cilacap bernilai strategis karena memasok 44 persen kebutuhan bahan bakar minyak nasional dan 75 persen kebutuhan bahan bakar di Pulau Jawa. Kilang itu juga merupakan satu-satunya kilang di tanah air yang memproduksi aspal dan base oil .

Artikel Asli