Lansia Hilang di Hutan Konawe Ditemukan dalam Keadaan Lemas

Nasional | republika | Published at Minggu, 14 November 2021 - 13:15
Lansia Hilang di Hutan Konawe Ditemukan dalam Keadaan Lemas

REPUBLIKA.CO.ID,KENDARI -- Tim gabungan Basarnas Kendari berhasil menemukan seorang lansia bernama Lakuo (80 tahun) dalam keadaan lemas. Ia sebelumnya dilaporkan hilang sejak Selasa (9/11) di hutan daerah Desa Besulutu, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala Basarnas Kendari Aris Sofingi melalui keterangan tertulis Humas Basarnas Kendari, Minggu, mengatakan bahwa korban ditemukan pada Sabtu (13/11) malam sekitar pukul 22.00 Wita, dalam keadaan selamat namun kondisinya sangat lemas. "Tim SAR gabungan berhasil menemukan korban dalam keadaan selamat sekitar 1,5 km arah barat dari lokasi terakhir dilaporkan keberadaannya," katanya.

Tim SAR gabungan kemudian mengevakuasi warga Desa Besulutu, Kecamatan Besulutu, Konawe itu ke RS Bhayangkara untuk mendapatkan perawatan medis. "Korban tiba di RS Bhayangkara pada pukul 23.40 Wita," katanya.

Dia menyampaikan, dengan ditemukannya korban maka operasi SAR terhadap satu orang yang dilaporkan hilang di hutan Desa Besulutu, Konawe dinyatakan selesai dan ditutup. Operasi pencarian korban turut melibatkan unsur tim penyelamat Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kendari, personel dari Polsek Sampara, BPBD Konawe, Babinsa Batu Molomba, Sabda Alam Konawe, Forum Pemuda Pemerhati Lingkungan Sultra, masyarakat setempat, hingga keluarga korban.

Sebelumnya, pada Selasa 9 November pukul 13.00 Wita, korban berangkat dari rumahnya dengan tujuan mengecek tanaman sagunya. Korban biasanya kembali dari hutan pukul 17.30 Wita. Saat itu pencarian telah dilakukan oleh pihak keluarga korban dan warga setempat, namun tidak ditemukan sehingga kejadian tersebut dilaporkan ke pihak Basarnas Kendari.

Artikel Asli