7 Kreasi sambal ala Ussy Sulistiawaty, pakai terasi matang biar gurih

Nasional | brilio.net | Published at Minggu, 14 November 2021 - 12:31
7 Kreasi sambal ala Ussy Sulistiawaty, pakai terasi matang biar gurih

Brilio.net - Bagi sebagian orang Indonesia, sambal sudah menjadi menu pendamping yang wajib ada di meja makan. Tak terkecuali bagi Ussy Sulistiawaty. Lewat channel YouTube pribadinya, istri Andhika Pratama ini memang dikenal pecinta masakan Indonesia.

Meski sudah banyak sambal kemasan yang siap makan, Ussy Sulistiawaty justru lebih senang dengan sambal yang diolah sendiri secara tradisional. Ibu lima anak ini pun kerap membagikan video masaknya saat membuat sambal. Ussy bahkan piawai membuat sambal dari berbagai daerah, lho.

Selain menghaluskan sambal dengan alat canggih, Ussy juga sering ngulek sambal dengan cobek. Menurutnya, makan nasi dengan sambal langsung dari cobek terasa lebih nikmat. Agar sambalnya terasa lebih nikmat, Ussy punya trik tersendiri nih, yakni menggunakan terasi matang.

"Jadi terasinya tuh harus mateng banget, rasa terasinya masih kuat tapi jadi enak gurih," ucap Ussy dilansir dari YouTube/@Ussy Andhika Official.

Penasaran seperti apa sambal bikinan Ussy Sulistiawaty? Berikut tujuh kreasi sambal ala Ussy Sulistiawaty, dilansir BrilioFood dari berbagai sumber, Minggu (14/11).

1. Sambal tempe penyet ala Ussy ini menggunakan cabai rawit yang banyak, terasi dan tempe yang sudah dimasak, serta bawang putih dan merah. Dimakan pakai nasi putih makin nampol nih~

foto: YouTube/@The Sungkars Family

2. Pakai banyak rempah dan cabai, sambal tempe kemangi ini ala Ussy ini pakai terasi. Aroma sambal ini semakin nikmat karena pakai daun kemangi yang melimpah.

foto: YouTube/@Ussy Andhika Official

3. Sambal leunca oncom khas Sunda ini jadi salah satu favorit Ussy. Seperti saat membuat sambal lainnya, ia juga pakai terasi matang biar lebih gurih dan nggak bau amis.

foto: YouTube/@Ussy Andhika Official

4. Walaupun sambal matah buatan Ussy pakai bahan segar, tetapi untuk terasinya ia selalu menggorengnya terlebih dahulu sampai matang biar rasanya lebih nendang.

foto: YouTube/@Ussy Andhika Official

5. Sambal tempe kencur pakai terasi ala Ussy ini pastinya bikin ngiler penggemar sambal.

foto: YouTube/@Ussy Andhika Official

6. Senang masakan khas Indonesia, Ussy juga gemar makan jengkol, lho. Ia menyulapnya jadi sambal jengkol geprek pakai cabai, bawang, tomat, gula merah, serta terasi.

foto: YouTube/@Ussy Andhika Official

7. Kombinasi rasa gurih dan pedas bikin iga presto yang digeprek pakai sambil terasi ini cocok disantap pakai nasi hangat.

foto: YouTube/@Ussy Andhika Official

Artikel Asli