Warga di Sekitar Kilang Pertamina Cilacap yang Kebakaran Mengungsi

Nasional | limapagi.id | Published at Minggu, 14 November 2021 - 10:55
Warga di Sekitar Kilang Pertamina Cilacap yang Kebakaran Mengungsi

LIMAPAGI - Kilang Pertamina RU IV Cilacap terbakar hebat pada Sabtu malam, 13 November 2021. Warga yang tinggal di sekitar tangki pun berhamburan mengungsi.

Ada dua lokasi pengungsian yang telah disediakan, yakni Balai Kelurahan Lomanis dan Musala Lomanis. Tercatat ada sekitar 60 warga yang menempati dua lokasi pengungsian tersebut.

Kepala Basarnas Cilacap, I Nyoman Sidakarya mengatakan pihaknya mendapat laporan adanya kebakaran di Tangki Kilang 36T Pertamina RU IV Cilacap pada Sabtu malam, sekitar pukul 19.20 WIB.

"Tindakan yang di lakukan oleh unsur SAR gabungan adalah pendirian 2 titik pengungsian yaitu di Balai Kelurahan Lomanis dan Mushola di Lomanis," katanya Minggu, 14 November 2021.

Lebih lanjut, dia merinci ada 30 warga yang mengungsi di Balai Kelurahan Lomanis dan 30 orang menempati Musala Lomanis.

Mereka bertahan di lokasi pengungsian sembari menunggu upaya pemadaman yang dilakukan tim damkar gabungan.

"Pihak Pertamina melakukan pemadaman menggunakan High Capacity Foam Monitor pada tangki yang terbakar. Sembari melakukan pengecekan dan pendataan kepada masyarakat di sekitar area kejadian. Serta menyiapkan Tempat Evakuasi Sementara (TES), monitoring dan update data terkait dampak kebakaran tangki kilang pertamina," jelasnya.

Sementara pihaknya, masih kata I Nyoman Sidakarya, telah menyiapkan sejumlah tim untuk berjaga-jaga apabila terjadi sesuatu yang bersifat emergency. Jika itu terjadi, tim SAR akan fokus pada upaya evakuasi warga yang ada di sekitar lokasi kilang.

Artikel Asli