Pencarian Wisatawan Bekasi yang Teseret Ombak Dihentikan

Nasional | republika | Published at Minggu, 14 November 2021 - 11:21
Pencarian Wisatawan Bekasi yang Teseret Ombak Dihentikan

REPUBLIKA.CO.ID, LEBAK -- Tim evakuasi menghentikan pencarian wisatawan asal Bekasi, Jawa Barat, yang tenggelam terseret ombak di Pantai Ciantir Perairan Sawarna Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, pada AS (7/11) lalu. Penghentian pencarian ini sudah sesuai prosedur.

"Kita menghentikan pencarian Zikri (21) seorang wisatawan asal Bekasi ,Jawa Barat, itu sesuai prosedur standar operasional (SOP)," kata Humas Basarnas Banten Wahyu saat dihubungi di Lebak, Minggu.

Berdasarkan prosedur standar operasional (SOP) yakni, pencarian dihentikan bila selama sepekan belum ditemukan. Selama tujuh hari, kata Wahyu, tim gabungan tersebut melakukan pencarian ke sejumlah titik.

Pencarian wisatawan juga dilakukan jalur darat hingga petugas berjalan kaki sepanjang lima kilometer dengan menyusuri Pantai Ciantir, Pantai Tanjung Layar hingga Pantai Pulo Manuk.

Selain itu juga mengerahkan dua unit kapal rescue milik Basarnas Banten juga kapal nelayan dengan melakukan penyisiran di sekitar Perairan Sawarna."Kami hari ini menghentikan kegiatan pencarian wisatawan asal Bekasi itu, " katanya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak Febby Rizky Pratama mengatakan wisatawan yang mengunjungi pesisir pantai selatan agar tidak melakukan kegiatan yang membahayakan, termasuk berenang di pantai sehubungan cuaca yang tidak bersahabat, gelombang tinggi juga angin kencang."Kami mengimbau wisatawan tidak berenang guna menghindari kecelakaan laut, " katanya.

Artikel Asli