Papua Juara Umum Papernas XVI 2021, Jabar Peringkat Kedua

Nasional | mandalapos.co.id | Published at Minggu, 14 November 2021 - 11:00
Papua Juara Umum Papernas XVI 2021, Jabar Peringkat Kedua

Mandalapos.co.id, Papua Juara umum Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI 2021, jatuh ke tangan tuan rumah Papua.Kontingen Cenderawasihmematahkan dominasi kontingen Jawa dengan unggul lebih dari 20 emas, disusul Jawa Barat yang berada di posisi dua.

Mengutip Antara News, tuan rumah Papua mengoleksi 127 emas, 87 perak, dan 93 perunggu, dengan total 307 medali. Sementara Jawa Barat mengoleksi 110 emas, 92 perak, dan 75 perunggu dengan medali keseluruhan 277.

Selanjutnya, di posisi ketiga ada Jawa Tengah yang mengoleksi 89 emas, 60 perak, dan 76 perunggu.

Sementara itu, Jabar yang harus puas finis di peringkat kedua klasemen medali, mendapat hiburan dari para atletnya yang tampil di cabor bulu tangkis.

Tim Jawa Barat sukses menjadi yang terbaik di cabor bulu tangkis setelah memborong 18 medali emas, lima perak, dan enam perunggu.

Mereka unggul jauh atas Jawa Tengah yang berada di peringkat kedua dengan koleksi tiga emas, sembilan perak, dan empat perunggu.

Pencapaian tim bulu tangkis Jabar terbilang luar biasa karena mampu mendominasi cabor bulu tangkis yang mempertandingkan 32 nomor perorangan dan satu nomor beregu.

Kepala pelatih bulu tangkis Jabar, Suherlan, mengatakan bahwa pencapaian ini melebihi ekspektasi dan target yang ditetapkan.

Awalnya kami hanya menargetkan 11 medali emas, tetapi mampu jauh melampaui target. Kami tentu sangat bangga dengan pencapaian ini, kata Suherlan dalam rilis yang diterima mandalapos, Sabtu (13/11/2021).

Keberhasilan tim bulu tangkis Jabar tidak lepas dari pelatda jangka panjang yang dijalankan sebelum Peparnas XVI papua 2021.

Sementara itu, keberhasilan Papua menjadi juara umum mendapat perhatian khusus dari Presiden RI Joko Widodo yang menutup Peparnas 2021.

Mengikuti penyelenggaraan Peparnas XVI di Papua, saya ingin menyampaikan isi hati saya. Kinerja tuan rumah Papua luar biasa. Penyelenggaraan PON dan Peparnas luar biasa, ungkap Jokowi pada upacara penutupan, Sabtu (13/11/21).

Saya ucapkan kepada Provinsi Papua atas prestasinya yang menjadi juara umum, katanya.

Mereka mengungguli juara bertahan Jawa Barat yang harus puas finis di peringkat kedua.

***Red/Resman

Artikel Asli