Wisuda Kedua Akademi Kesejahteraan Sosial AKK Yogyakarta Saat Pandemi

Nasional | limapagi.id | Published at Minggu, 14 November 2021 - 08:25
Wisuda Kedua Akademi Kesejahteraan Sosial AKK Yogyakarta Saat Pandemi

LIMAPAGI - Akademi Kesejahteraan Sosial AKK Yogyakarta sudah dua kali menggelar wisuda selama pandemi Covid-19. Bagi mahasiswa maupun kampus, wisuda merupakan prosesi sakral sehingga tahapan penting ini tetap harus dilaksanakan.

Hal itu diungkapkan Direktur Akademi Kesejahteraan Sosial AKK Yogyakarta, Prihatin Saraswati saat wisuda kedua saat pandemi yang digelar digelar di The Rich Jogja Hotel, Sabtu, 13 November 2021. Sebanyak 72 lulusan Diploma III dalam sidang senat terbuka dalam prosesi ini.

Menurut dia, proses panjang dan penuh tantangan harus ditempuh para mahasiswa sebelum lulus menjadi wisudawan. Begitu pula bagi para dosen untuk dapat menciptakan perkuliahan membutuhkan perjuangan keras agar ilmu tetap bisa diberikan kepada mahasiswa dan diserap dengan baik.

Dia mengatakan, jika dibandingkan luring jelas sangat bebeda, untuk saat ini 100 persen kompetensi tidak dapat dicatat dan paling tidak pada kisaran 80 persen. "Itu memerlukan kerja keras dari dosen, karena keterampilan itu praktik maka harus step by step dengan membuat toturial materi bagi mahasiswa, katanya.

Saraswati mengatakan, Akademi Kesejahteraan Keluarga AKK telah memulai perkuliahan tahun ini. "Proses pendidikan dilaksanakan secara daring serta luring dan mahasiswa diwajibkan untuk berada di Yogyakarta guna mengikuti perkuliahan. Karena pendidikan vokasi maka proses perkuliahan 30 persen teori dan 70 persen praktik," jelasnya.

Pembantu Direktur I Bidang Akademi, Nur Wahyuni SPd MPd menyampaikan sebanyak 72 wisudawan masing-masing 36 lulusan dari Prodi Seni Kuliner, 20 lulusan dari Prodi Desain Busana dan 20 lulusan dari Prodi Tata Rias. "Dari jumlah tersebut 36 wisudawan diantaranya lulus dengan predikat cumlaude," ungkapnya.

Dia mengungkapkan, Akademi Kesejahteraan Sosial AKK selama ini telah menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan melalui praktik industri. "Lulusan terbaik langsung diserap oleh pihak perusahaan tersebut untuk bekerja," ujarnya.

Mahasiswa Akademi Kesejahteraan Sosial AKK mendapat pembekalan dengan materi Membentuk Jiwa Wirausaha yang Inovatif di Era Milenium guna meningkatkan kemampuan sebelum terjun di tengah masyarakat. Pembekalan ini menghadirkan pakar kuliner nusantara Sisca Soewitomo.

Artikel Asli