Moms, Biasakan Anak Pakai Masker Saat Keluar Rumah Ya

Nasional | rm.id | Published at Minggu, 14 November 2021 - 08:00
Moms, Biasakan Anak Pakai Masker Saat Keluar Rumah Ya

Dengan semakin menurunnya kasus Covid-19 di Indonesia, pelonggaran kegiatan masyarakat semakin diperluas. Termasuk untuk anak kecil. Namun, masih banyak anak kecil yang belum terbiasa memakai masker saat berkegiatan di luar rumah.

Akun @ lawancovid19_id mengungkap tips membiasakan anak memakai masker saat keluar rumah. Misalnya, jelaskan dengan sederhana dan beritahu alasan wajib pakai masker dengan cara yang tidak menakutkan.

Atau, kenalkan kebiasaan pakai masker dengan metode bermain, bisa juga dengan memberikan kesempatan pada anak untuk memilih masker yang ingin dikenakan. Tentunya masker yang nyaman untuk dikenakan anak dan tidak menyebabkan gatal.

Cara lainnya, orang tua/wali perlu membuat kesepakatan dengan anak untuk pakai masker sebelum keluar rumah. Ingatkan anak jika setelah melepaskan masker harus dipakai kembali, ungkap @ lawancovid19_id .

Menurut @ humaskintap , membiasakan anak memakai masker sangat penting di masa pandemi Covid-19. Meskipun tren kasus sedang turun. Memakai masker, kata dia, berarti melindungi dan memutus rantai penyebaran Covid-19 di kalangan anak-anak.

Pakai masker tidak hanya untuk orang dewasa loh, tapi anak-anak juga! Ditambah, daya tahan tubuh anak berbeda dengan orang dewasa. Yuk, ajari anak-anak, adik-adik kita untuk belajar patuh protokol kesehatan, salah satunya pakai masker, kata @ unnieonni_.

Akun @ dokterapin mengungkapkan, anak berusia di atas 2 tahun sudah harus diajarkan memakai masker yang benar, mencuci tangan dan menghindari menyentuh wajah. Dia bilang, pastikan permukaan yang mereka sentuh sudah dibersihkan.

Ini yang bisa dilakukan, ujar @ dokterapin . Yuk, ajari anak pakai masker yang benar. Orang tua harus memilih masker dengan ukuran tepat dan pas untuk anak-anak, dan selalu ingatkan anak-anak untuk menggunakan masker, tegas @ weningts .

Akun @ kwardani_retno meminta orang tua mengingatkan anak usia kurang dari 6 Tahun secara terus menerus untuk memakai masker secara lembut. Agar anak tidak terbebani ketika memakai masker. Bawa masker cadangan, jangan melepas masker, katanya.

Hal serupa diungkapkan @ endahkwira . Dia menyarankan, sebaiknya anak-anak jangan disuruh memakai masker dengan paksaan. Namun ceritakan dengan baik lewat cerita menarik atau dongeng dan berikan masker dengan gambar-gambar lucu kesukaan si kecil.

Banyak yang bilang mana bisa anak-anak disuruh bermasker? Mereka bisa. Dikasih tahu kenapa. Dicontohkan orang tuanya juga pakai, tutur @ firafitrananda .

Kemudian, lanjut tutur @ firafitrananda , tunjukkan kepada anak bahwa semua orang memakai masker. Dia pun memberikan tips membiasakan anak memakai masker.

Beli berbagai jenis masker dan dengarkan anak. Kalau dia lepas, suruh pakai lagi. Lain hari, kasih masker lain. Kalau dilepas, pakaikan lagi, katanya.

Sementara, @ bunda_dzakiyyah mengaku lebih memilih mengajak anak bermain di rumah saja meski tren penularan Covid-19 sedang menurun. Kata dia, mengajak anak main di luar rumah saat pandemi bikin waswas.

Meskipun anak kita sudah pakai masker, tapi kita nggak bisa mengontrol anak lain, ujarnya. [ASI]

Artikel Asli