Tak Hanya Harmonis Di Jakarta, Wagub Tameng Gubernur

Nasional | rm.id | Published at Minggu, 14 November 2021 - 07:50
Tak Hanya Harmonis Di Jakarta, Wagub Tameng Gubernur

Hubungan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria sangat harmonis. Saking harmonisnya, Riza sering jadi tameng Anies saat digempur serangan lawannya.

Kedekatan Anies dan Riza bukan baru-baru ini terjadi. Keduanya sudah dekat sejak Anies jadi calon Gubernur DKI Jakarta pada 2017 lalu. Saat itu, Anies berpasangan dengan politisi Gerindra Sandiaga Uno.

Di 2019 hubungan keduanya kian erat, karena Anies mendukung Prabowo-Sandi maju di Pilpres 2019. Hubungan keduanya makin lengket, saat Riza terpilih jadi pengganti Sandi sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. Kedua terlihat saling melengkapi dan harmonis.

Bahkan Riza pun sering menjadi tameng Anies. Misalnya yang terbaru soal persoalan Formula E. Ketika Anies terus diserang, Riza maju sebagai pembela.

Di kasus banjir juga sama. Saat sejumlah wilayah Jakarta banjir, Riza yang tampil terdepan menghadapi para haters Anies. Sampai urusan pro kontra reuni Persaudaraan Alumni 212, Riza juga yang berani jadi tameng.

Tekad Riza cuma satu, membantu Anies dalam menyelesaikan seluruh persoalan DKI. Riza juga sangat menghormati Anies. Bahkan dia mengangkat Anies sebagai anggota kehormatan Komando Nasional Resimen Mahasiswa Indonesia.

Pengamat Politik dari Universitas Paramadina, Arif Susanto mengatakan, lebih seringnya Riza tampil di media ketimbang Anies hanya terkait perbedaan tugas. Anies lebih bermain dalam konteks strategis, sedang Riza dalam konteks teknis.

Menurutnya, ini yang membuat Riza sering dihadapkan dengan masalah-masalah sensitif di lingkup Jakarta. Contohnya seperti kasus sumur resapan di atas trotoar yang merupakan ranahnya secara teknis.

Jika untuk level strategis terkait dengan upaya penanganan bencana banjir di sejumlah wilayah Jakarta, Anies yang mengambil alih. Saya tidak heran bila Riza yang sering jadi tameng, kata Arif.

Dia mengacungi jempol keharmonisan Anies dan Riza. Menurutnya, memang begitu harusnya pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur. Harus saling mengisi.

Keharmonisan keduanya diapresiasi netizen. Mereka memuji keduanya.

Pokoknya mantap lah gubernur dan wakil gubernur DKI, tulis @manansyarifudd1 . Terimakasih untuk gubernur DKI @aniesbaswedan dan wagub DKI @ArizaPatria , timpal @sahidabu .

@Lanangtigaraksa mengatakan, Anies dan Riza paket yang pas. Gubernur dan Wagub DKI satu paket sampai Oktober 2022 ya, sahut @Lanangtigaraksa . Keduanya memang harmonis. Saling melengkapi, sambar @subhan_mars . [UMM]

Artikel Asli