Pengorbit Mars Tianwen 1 Ubah Orbit Mulai Survei Planet

Nasional | republika | Published at Minggu, 14 November 2021 - 07:45
Pengorbit Mars Tianwen 1 Ubah Orbit Mulai Survei Planet

REPUBLIKA.CO.ID,BEIJING -- Pengorbit Mars Tianwen 1 China telah mengubah orbitnya untuk memulai survei penginderaan jauh Mars setelah berbulan-bulan mendukung rover Zhurong. Pesawat ruang angkasa telah mengorbit Mars sejak Februari, dan pada Mei Tianwen 1 merilis rover Zhurong untuk upaya pendaratan yang sukses di Utopia Planitia Mars.

Dilansir di Space, Ahad (14/11), orbit Tianwen 1 melihatnya mengelilingi Mars tiga kali setiap hari Mars atau sol, termasuk satu lintasan di atas kendaraan roda enam untuk menyampaikan data dari Zhuring ke Bumi menggunakan antenanya yang jauh lebih besar.

Menurut Akademi Teknologi Luar Angkasa Shanghai (China), Tianwen 1 menyalakan mesinnya selama 260 detik pada Senin (8/11) meningkatkan kecepatannya sebesar 78 meter per detik. Ini menggeser pesawat ruang angkasa dari mengorbit sekali setiap 8 jam dan 12 menit, dengan pendekatan terdekat 400 km dan titik tertinggi 12.000 km, untuk mengorbit sekali setiap tujuh jam dan lima menit dengan periapsis 265 km dan apoapsis sekitar 10.700 km.

Rencana awal untuk fase sains Tianwen 1 melibatkan orbit dengan periode tujuh jam 48 menit. Namun, karena Zhurong terus berfungsi dengan baik di luar misi utama tiga bulannya, para ilmuwan misi tersebut merancang orbit baru untuk memungkinkan Tianwen 1 mencapai tujuannya melakukan survei global Mars dan masih membantu menyampaikan data dari Zhuring ke Bumi.

Tianwen 1 membawa tujuh muatan sains, termasuk kamera resolusi menengah dan tinggi untuk memetakan area Mars yang luas serta mengembalikan gambar permukaan planet yang lebih tajam dan lebih fokus. Mars Orbiter Subsurface Investigation Radar (MOSIR), radar yang terdengar, sementara itu akan mencari es air di bawah permukaan. Target minat tertentu termasuk pengaruh kawah, gunung berapi, dan ngarai.

Artikel Asli