Belanda Buang Keunggulan Lawan Montenegro, Kepastian Lolos Tertunda

Nasional | jawapos | Published at Minggu, 14 November 2021 - 06:08
Belanda Buang Keunggulan Lawan Montenegro, Kepastian Lolos Tertunda

JawaPos.com Belanda buang keunggulan dua gol saat melawan tuan rumahMontenegroyang memaksa mereka imbang 2-2 dalam pertandingan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa di Stadion Kota Podgorica, Minggu (14/11) dini hari WIB.

Belanda harus menunda kepastian lolos ke putaran final Piala Dunia 2022.Virgil van Dijk dkk yang sudah mengumpulkan 20 poin kini hanya unggul dua poin atas Turki dan Norwegia, demikian laman resmi UEFA seperti dilansir dari Antara .

Pada pertandingan terakhir Selasa (16/11), Belanda akan menjamu Norwegia dan Turki bertandang ke Montenegro. Secara matematis Belanda hanya membutuhkan imbang untuk memastikan tiket otomatis karena mereka mempunyai marjin keunggulan selisih gol 13 dibandingkan Turki.

Belanda membuka keunggulan pada menit ke-25 melalui eksekusi penalti Memphis Depay setelah Davy Klaassen dijatuhkan Marko Jankovic di dalam kotak terlarang. Belanda menggandakan keunggulan sembilan menit memasuki babak kedua saat Depay mencetak gol dengan sontekan tumitnyamenyambut umpan tarik Denzel Dumfriesyang mengelabui kiper Matija Sarkic.

Tim besutan Louis van Gaal terus memegang kendali permainan tetapi tak kunjung menambah keunggulan. Belanda menjalani pertandingan itu dengan statistik sembilan dari 31 gol mereka dalam 15 menit terakhir laga. Tapi yang terjadi malah gawang mereka kebobolan dua gol dalam sepuluh menit terakhir.

Ilija Vukotic lebih dulu memperkecil ketertinggalan tuan rumah pada menit ke-82 setelah memperdaya kiper Justin Bijlowusai menerima umpan kiriman Milutin Osmajic dengan menyarangkan bola ke gawang yang sudah tak terjaga. Empat menit kemudian Montenegro menyamakan kedudukan melalui Nikola Vujnovic yang memenangkan duel udara dengan Daley Blind untuk menanduk keras umpan silang Risto Radunovic.

Kedua gol itu seperti terapi kejut bagi Belanda yang langsung kehilangan konsentrasi bermain. Belanda sebetulnya memperoleh kesempatan mengunci kemenangan pada menit kedua injury time lewat eksekusi tendangan bebas Depay yang melaju melewati pagar hidup Montenegro. Tetapi Sarkic mengamankan bola dan memaksakan skor imbang 2-2 bertahan hingga peluit bubaran.

Artikel Asli