Cuaca Kalsel Hari Ini, BMKG: Waspada Potensi Banjir di Seluruh Wilayah

Nasional | apahabar.com | Published at Minggu, 14 November 2021 - 05:00
Cuaca Kalsel Hari Ini, BMKG: Waspada Potensi Banjir di Seluruh Wilayah

apahabar.com, BANJARMASIN Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan disertai petir kembali berpotensi melanda seluruh wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel), pada Minggu (14/11).

BMKG meminta warga Kalsel untuk mewaspadai potensi angin kencang pada siang dan sore di sejumlah wilayah. Selain itu BMKG juga minta mewaspadai potensi terjadinya banjir di seluruh wilayah Kalsel.

Terkait kondisi cuaca Kalsel hari ini, BMKG mengeluarkan peringatan dini.

Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada siang dan sore hari di seluruh wilayah Kota/Kabupaten di Kalimantan Selatan, serta pada malam dan dini hari di wilayah Kabupaten Barito Kuala, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Balangan, Tabalong sekitarnya. Waspada potensi terjadinya banjir di seluruh wilayah, demikian peringatan dini BMKG dikutip dalam situs resminya bmkg.go.id, Minggu.

Pada pagi hari, cuaca di 13 kabupaten/kota diperkirakan BMKG umumnya tidak merata, selain cerah berawan hujan ringan juga diperkirakan menguyur sejumlah wilayah Kalsel, di antaranya Banjarbaru, Banjarmasin, Martapura dan Pelaihari.

Memasuki siang dan sore hari, BMKG memprediksi hujan disertai petir melanda hampir seluruh wilayah Kalsel, di antaranya Banjarbaru, Banjarmasin, Barabai, Batulicin, Kandangan, Kotabaru, Marabahan, Martapura dan Rantau. Sejumlah wilayah lainnya diprediksi hujan dengan intensitas ringan.

Menginjak malam hari, cuaca di 13 kabupaten/kota di Kalsel diperkirakan masih diperkirakan hujan dengan intensitas ringan dan 6 wilayah berpotensi hujan disertai petir, di antaranya Amuntai, Barabai, Kandangan, Marabahan, Paringin dan Rantau.

Sementara pada dini hari, Rabu (10/11), BMKG memprakirakan umumnya cuaca di sejumlah wilayah Kalsel berawan, kecuali 3 wilayah hujan dengan intesitas ringan, yakni Batulicin, Kotabaru dan Tanjung.

Sedangkan suhu udara berada di kisaran 23-28 derajat celcius dan tingkat kelembapan antara 75-95 persen.

Artikel Asli