Kualifikasi Piala Dunia: 3 Tim Siap Amankan Tiket ke Qatar

Nasional | republika | Published at Minggu, 14 November 2021 - 02:30
Kualifikasi Piala Dunia: 3 Tim Siap Amankan Tiket ke Qatar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional Prancis, Belgia, dan Belanda akan melakoni laga penting pada Kualifikasi Piala Dunia 2022, Ahad (13/11) dini hari WIB, di grupnya masing-masing. Ketiga tim ini bisa memastikan tiket ke Qatar tahun depan pada malam ini jika meraih hasil maksimal atas lawan-lawannya. Khusus Belanda, butuh bantuan tim lain menjegal rivalnya Norwegia.

Juara bertahan Piala Dunia 2018, Prancis, dapat memesan tempat ke Piala Dunia 2022 lebih dulu jika mengalahkan Kazakhstan yang berada di posisi terakhir grup D. Laga itu akan berlangsung di Parc des Princes, Paris. Prancis memimpin klasemen dengan nilai 12, unggul satu poin atas Finlandia, lawan yang akan mereka hadapi pada laga terakhir. Demi tiket lolos langsung, kemenangan atas Kazakhstan jadi syarat mutlak bagi tim Ayam Jantan.

Namun, Les Bleus kehilangan Paul Pogba yang cedera di lini tengah sehingga Aurelien Tchouameni atau Adrien Rabiot bisa menjadi starter bersama N'Golo Kante. Rabiot, kini andalan Juventus di lini tengah, bakal mengenang masa-masa indahnya memperkuat Paris Saint-Germain yang bermarkas di Parc des Princes.

Tchouameni tampil mengesankan untuk AS Monaco dan masuk dengan mudah di timnas Prancis sejak membuat debutnya dua bulan lalu. Namun, permainan Rabiot kurang mengesankan untuk Juventus di musim ini. Dalam kondisi yang mungkin kurang ideal, Prancis tetap kandidat memenangkan laga ini dan finis di puncak Grup D.

Grup E, Belgia telah dilanda banyak cedera menjelang pertandingan melawan Estonia. Tercatat, pemain bintang seperti Romelu Lukaku, Michy Batshuayi, Jeremy Doku, Thomas Vermaelen, Youri Tielemans dan Toby Alderweireld tak bisa tampil di laga nanti.

Belgia yang memuncaki Grup sudah unggul lima poin dari Republik Ceko yang sudah melakoni tujuh laga dan Wales yang baru bermain enam kali. Belgia akan langsung lolos ke Qatar 2022 bila mengalahkan Estonia, atau jika Wales yang berada di posisi ketiga gagal mengalahkan Belarusia.

Dengan absennya Lukaku, Christian Benteke diperkirakan akan memimpin lini gempur tim Setan Merah. Lebih dari 35 ribu penggemar timnas Belgia diperkirakan akan menghadiri pertandingan di Stadion King Baudouin.

Sementara itu, Belanda yang absen di Piala Dunia 2018 Rusia memimpin Grup G dengan nilai 19, satu poin di atas Turki dan Norwegia. Tim Oranje bisa lolos sebagai juara grup dengan kemenangan atas Montenegro di Stadion Podgorica City, Montenegro, dini hari ini.

Belanda dibantu Latvia yangmenahan imbang Norwegia tanpa gol. Padahal jika Norwegia menang, juara Grup G akan ditentukan pada pertandingan terakhir, Rabu (17/11) dini hari WIB.

Tercatat, Joel Drommel (sakit), Steven Berghuis dan Jurrin Timber (cedera) bakal absen dari tim Belanda. Namun Steven Bergwijn, Jasper Cillessen dan Devyne Rensch tersedia untuk diterjunkan oleh pelatih Louis van Gaal. Montenegro akan tanpa pemain bintangnya Stevan Jovetic yang dinyatakan positif Covid-19.

Artikel Asli