JIF 2021 Bukti Nyata Jakarta Kota Menarik Bagi Investor

Nasional | rmol.id | Published at Minggu, 14 November 2021 - 00:38
JIF 2021 Bukti Nyata Jakarta Kota Menarik Bagi Investor

RMOL.Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta melalui Unit Pengelola Jakarta Investment Centre (JIC) berkolaborasi dengan Jakarta Experience Board (Jakarta Tourisindo) menggelar Jakarta Investment Forum (JIF) 2021.

Bertemakan Strengthening the Post Pandemic Economy through Collaboration acara ini digelar secara virtual. Acara yang berlangsung selama dua hari 11-12 November 2021 ini bertujuan untuk mempromosikan DKI Jakarta sebagai kota ramah investasi sekaligus kota kolaborasi sebagai strategi pemerintah dalam pemulihan ekonomi Pasca-pandemi Covid-19.

Gubernur DKI Jakarta Anies Basweda saat membuka acara memaparkan bahwa Jakarta siap untuk bisnis yang lebih banyak, investasi yang lebih banyak dan kesempatan tersebut terbuka lebar. Sebagai salah satu strategi untuk memulihkan ekonomi pemerintahan, Jakarta menginisiasikan JIF 2021 yang bertujuan untuk mempromosikan kota kita sebagai kota yang menarik untuk berinvestasi.

Ini adalah kota megapolitan terbesar di bumi bagian selatan, dan melalui JIF 2021 kami ingin mendorong semua partisipan untuk berkolaborasi, untuk belajar dan untuk berinvestasi bersama kami, jelas Anies dalam sambutannya.

Pernyataan Anies senada dengan data dan paparan yang disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti dalam diskusi terkait urban sustainability. Dalam sesi tersebut, Luhut menjelaskan bagaimana Pemerintah Pusat melakukan penanganan pada kasus Covid-19 di Jakarta sehingga perekonomian Indonesia perlahan mulai pulih. Hal serupa disampaikan oleh Destry Damayanti yang memaparkan data pertumbuhan ekonomi Indonesia secara makro yang menunjukkan adanya peningkatan.

Anies meyampaikan bahwa Jakarta Investment Forum (JIF) 2021 akan membuka lebih banyak peluang investasi dan kolaborasi antara pemerintah, swasta, dan badan usaha lainnya.

"JIF akan mengakomodasi pertemuan antara investor dan pemilik proyek di DKI Jakarta," tandas Anies.

Kolaborasi para pihak di Jakarta Investment Forum (JIF) diharapkan dapat menjadi stimulus bagi terwujudnya peningkatan investasi yang signifikan, khususnya dalam pembangunan infrastruktur yang berbasis pada rencana pembangunan berkelanjutan.

Hasil utama lain yang diharapkan dari diadakannya foruminvestasi ini adalah untukmemastikan semua programdilaksanakan danmenjalin lebih banyak kerjasama jangka panjang di masa depan. []

Artikel Asli