Hasil Kualifikasi Piala Dunia: Finlandia Buka Jalan ke Qatar

Nasional | republika | Published at Minggu, 14 November 2021 - 01:20
Hasil Kualifikasi Piala Dunia: Finlandia Buka Jalan ke Qatar

REPUBLIKA.CO.ID, ZENICA -- Sepuluh pemain Finlandia menghidupkan kembali harapan untuk mencapai putaran final Piala Dunia 2022 dengan kemenangan 3-1 saat melawan Bosnia dan Herzegovina dalam kualifikasi Grup D pada Sabtu (13/11). Finlandia tampil gigih di Stadion Bilino Polje, Zenica, Bosnia, demi merebut tiket ke Qatar.

Kemenangan itu membuat Finlandia berada di urutan kedua grup D dengan 11 poin dari tujuh pertandingan. Finlandia berada satu poin di belakang pemimpin dan juara dunia Prancis yang menjamu Kazakhstan pada Ahad (14/11) pukul 02.45 dini hari WIB. Urutan ketiga Ukraina memiliki sembilan poin dan Bosnia di urutan keempat dengan tujuh poin.

Jika Prancis mengalahkan Kazakhstan, Finlandia berpeluang lolos lewat jalur play-off. Namun, ini bakal berat karena mereka harus mengalahkan Prancis.

Bosnia hampir saja menang bila tak menyia-nyiakan dua peluangnya. Bosnia juga beruntung kiper mereka Ibrahim Sehic menyelamatkan penalti Teemu Pukki pada menit ke-25. Namun tim tamu mulai memimpin empat menit kemudian.

Pukki menebus kesalahannya atas kegagalan tendangan penalti dengan mengirimkan umpan silang rendah yang bagus setelah operan satu-dua dengan Glen Kamara. Pemain Bosnia Anel Ahmedhodzic gagal menyapu bahaya dari pemain Finlandia Marcus Forss ke bagian belakang gawang.

Tim tamu mendapat kartu merah karena bek Jukka Raitala pada menit ke-37 melakukan tekel keras terhadap Sead Kolasinac. Akibat tekel itu, Kolasinac tertatih-tatih hingga harus digantikan oleh Emedin Demirovic.

Pertahanan yang lebih longgar memungkinkan Finlandia menggandakan keunggulan pada menit ke-52 saat Pukki menarik bola kembali ke Robin Lod, yang melepaskan tembakan keras dari jarak 10 meter.

Tim tuan rumah membalas satu gol di pertengahan babak kedua ketika Luka Menalo membelokkan umpan silang dari pemain pengganti Amer Gojak ke atas gawang.

Tetapi harapan Bosnia untuk bangkit kembali pupus oleh kesalahan lini pertahanan pada menit ke-73. Bek Finlandia Daniel O'Shaughnessy menyambar bola dari jarak tiga meter setelah umpan silang panjang dari kanan menerobos pertahanan Bosnia. Gol Daniel O'Shaughnessy membuat keunggulan Finlandia kian pasti.

Gol ini juga mendorong para penggemar tuan rumah untuk mencemooh kinerja timnas Bosnia yang kurang bersemangat. Bosnia yang tidak bisa lagi lolos ke Piala Dunia tahun depan di Qatar, akan menjamu Ukraina dalam pertandingan terakhir mereka pada Selasa depan ketika Finlandia menjamu Prancis.

Artikel Asli