Dokter: Buang Air Besar Jangan Lebih dari 10 Menit

Nasional | republika | Published at Minggu, 14 November 2021 - 00:55
Dokter: Buang Air Besar Jangan Lebih dari 10 Menit

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang menikmati duduk santai di toilet sambil membaca koran, buku, atau memainkan ponselnya. Meski terdengar lazim, kebiasaan itu rupanya tidak direkomendasikan oleh dokter.

Menurut dokter, sebaiknya Anda tak menghabiskan lebih dari 10 menit di toilet. Hal ini bisa mengakibatkan masalah yang tidak menyenangkan.

Dalam sebuah postingan di TikTok, dr Karan Rajan mengungkapkan, apa yang tidak boleh Anda lakukan saat buang air besar. Hal itu ia sampaikan dalam kaitannya dengan cara menghindari wasir.

"Nomor satu, hindari mengejan terlalu keras," ujar dokter dari University of Sunderland, Inggris itu, seperti dikutip dari laman The Sun, Sabtu (13/11).

Setiap orang memiliki bantalan anal untuk menghentikan buang air besar. Bantalan tersebut juga mengandung pembuluh darah.

"Tapi, jika Anda terus mengejan di toilet, pembuluh darah ini bisa membengkak dan menyebabkan wasir," ungkap dr Karan.

Tips kedua dari dr Karan adalah Anda tidak boleh menghabiskan waktu terlalu lama saat buang air besar. Ia mengingatkan untuk tidak menghabiskan rata-rata lebih dari 10 menit di toilet.

"Gravitasi bukanlah temanmu," ujar dokter bedah Inggris ini soal duduk berlama-lama di atas kloset.

Menurut dr Karan, semakin lama Anda menghabiskan waktu duduk di kloset, semakin lama darah dapat terkumpul di pembuluh darah rektum. Ujungnya, ini dapat menyebabkan wasir.

Artikel Asli