Loading...
Loading…
Mendagri Dorong Pemda Perhatikan Penyandang Disabilitas

Mendagri Dorong Pemda Perhatikan Penyandang Disabilitas

Nasional | sindonews | Sabtu, 13 November 2021 - 06:09

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mendorong pemerintah daerah (pemda) untuk melakukan pembangunan yang wajib memperhatikan masyarakat penyandang disabilitas . Tito menegaskan bahwa penyandang disabilitas memiliki hak yang sama dengan warga negara lainnya yang dijamin oleh konstitusi.

Hak itu seperti mendapat akses yang memudahkan mobilitas, maupun akses untuk semua bidang kehidupan lainnya. "Kemendagri akan mendorong pada seluruh pemerintah daerah untuk membuat pembangunan yang juga memperhatikan masalah difabel, terutama mengenai masalah aksesibilitas," kata Tito dalam jumpa pers virtual, Jumat (12/11/2021).

Tito menjelaskan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua Tahun 2021 menjadi bukti pemberian akses kesetaraan kepada penyandang disabilitas dalam semua lini, termasuk dalam bidang olahraga. "Prinsip konsep besarnya adalah memberikan akses kesetaraan kepada para difabel dalam semua lini, termasuk bidang olahraga," ujar Tito.

Menurutnya, selain di berbagai sektor, konsep kesetaraan itu juga perlu didukung kebijakan di semua level pemerintahan di daerah. Utamanya, untuk memberikan akses dan kesempatan bagi penyandang disabilitas agar dapat berkontibusi dalam pembangunan, sama halnya yang dilakukan nondifabel.

"Berkaitan dengan konsep besar memberikan akses dan kesempatan kepada saudara-saudara kita yang difabel untuk memberikan kontribusi dalam pembangunan masyarakat, bangsa dan negara ini, kita ingin ada konsep besar untuk mendorong kesetaraan tersebut," ujar eks Kapolri itu.

Original Source

Topik Menarik