Diskopindag Kota Malang Gali Konsep Pengelolaan Malang Creative Center

Nasional | jatimtimes.com | Published at Kamis, 11 November 2021 - 17:16
Diskopindag Kota Malang Gali Konsep Pengelolaan Malang Creative Center

JATIMTIMES - Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang terus mempersiapkan upaya dalam aktifasi dan pengelolaan gedung Malang Creative Center (MCC). Upaya itu dilakukan dengan menggelar Forum Grup Diskusi (FGD) dengan berbagai pihak.

Kepala Diskopindag Kota Malang, Muhammad Sailendra menjelaskan, hal ini dilakukan untuk membantu dan menginspirasi Diskopindag dalam hal bagaimana dan seperti apa pengelolaan (MCC) nantinya.

Bukan hanya itu saja, selain mendapatkan input atau masukan bagaimana pengelolaan MCC, tentunya juga akan diketahui bagaimana kekuatan dan kelemahannya atau kekurangan dari model-model pengelolaan, yang dibahas bersama banyak pihak.

1

"Ada staf Khusus Kementerian UKM Indonesia Creative Cities Network (ICCN), Bandung Creative Center (BCC), Bandung Creative Hub, Perguruan tinggi an beberapa pihak lain," ungkap Muhammad Sailendra, Kamis (11/1/2021).

Komitmen Pemkot Malang membangun MCC untuk mengakomodir kreativitas, termasuk produk kreativitas para pelaku ekonomi kreatif. Sehingga, setelah gedung MCC nantinya selesai dibangun, MCC bisa segera untuk dimanfaatkan dalam menampung kreativitas para pelaku ekonomi kreatif.

"Supaya kalau gedung sudah jadi, kita tidak kosongan (tanpa strategi pengelolaan), tapi sudah punya konsep dalam pengembangan dan pengelolaan yang profesional," ungkap Sailendra.

Selain itu, bukan hanya dalam FGD ini, banyak masukkan juga telah digali dari para pelaku 17 subsektor ekonomi kreatif di luar forum FGD. Hal ini tentunya juga semakin menguatkan bagaimana dan seperti apa formula yang tepat dalam pengelolaan MCC.

"Ya misalnya masukan seperti, ruang-ruang nya bagaimana, kan banyak ruang-ruang nanti di MCC. Ini mengakomodir kebutuhan dari komunitas," jelas Sailendra.

Bukan itu saja, ini juga sebagai upaya untuk menyamakan persepsi antara komunitas, pemerintah dan beberapa pihak lain, bahwa MCC ini merupakan upaya meningkatkan dan mendongkrak ekonomi kreatif di Kota Malang.

Pengelolaan gedung nantinya akan dikonsep semacam dengan Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari Diskopindag untuk mengelola operasional gedung. Dan ditegaskannya juga, jika dalam pemanfaatannya, gedung ini bukanlah milik salah satu pihak saja, akan tetapi, gedung ini merupakan milik bersama. "Ini milik bersama, bukan milik beberapa komunitas saja," pungkas Sailendra.

Artikel Asli