Hari Pahlawan, Bebaskan Veteran Bayar PBB

Nasional | jawapos | Published at Kamis, 11 November 2021 - 17:06
Hari Pahlawan, Bebaskan Veteran Bayar PBB

JawaPos.com- Para veteran pejuang di wilayah Kecamatan Sukomanunggal, Surabaya, mendapat perhatian khusus pada peringatan Hari Pahlawan kemarin (10/11). Mereka mendapat bantuan berupa bahan pokok. Pihak kecamatan juga menyosialisasikan peraturan daerah (perda) baru tentang pajak bumi dan bangunan (PBB). Salah satu isinya, PBB untuk veteran pejuang dibebaskan.

Total ada 16 veteran perang yang mendapatkan bantuan dari kecamatan. Camat Sukomanunggal Lakoli menyatakan, bantuan tersebut memang tidak sebanding dengan jasa para veteran. Ini hanya bentuk kecil perhatian dari kami untuk menghormati jasa para pahlawan perang, ujarnya.

Menurut Lakoli, para veteran perang patut mendapat perhatian khusus. Sebab, tidak semua veteran perang mapan secara ekonomi. Padahal, jasa mereka begitu besar dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Kami juga menyosialisasikan bahwa mulai tahun depan PBB untuk veteran perang digratiskan, ucapnya.

Sebab, sudah ada payung hukum atas kebijakan baru tersebut. Hal itu diatur di dalam Perda Nomor 5 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Perda Nomor 10 Tahun 2010 tentang PBB. Perubahan yang cukup mendasar terdapat pada nomenklatur perda yang disahkan pada 30 Agustus tersebut. Salah satunya, terkait dengan pengurangan beban untuk veteran perang.

Lebih spesifik, kebijakan khusus untuk veteran perang diatur di dalam pasal 3 ayat 3. Ada klausul baru yang dimasukkan. Yakni, lahan atau bangunan yang digunakan veteran perang pembela kemerdekaan termasuk objek pajak yang tidak dikenakan PBB. Pemkot dan pansus di DPRD Kota Surabaya sepakat untuk menggratiskan PBB bagi veteran perang.

Tugas kecamatan, kata Lakoli, adalah mendata para veteran yang ada di wilayahnya. Berdasar data dari kecamatan, sejatinya ada 34 veteran di wilayah Sukomanunggal. Namun, yang terdata aktif dari dinas sosial (dinsos) hanya 16 orang.

Menurut Lakoli, kebijakan anyar tersebut merupakan kado istimewa bagi para veteran di Hari Pahlawan. Mereka patut mendapatkan kebijakan khusus tersebut karena jasa mereka yang luar biasa, tuturnya.

Secara terpisah, Kabag Hukum Pemkot Surabaya Ira Tursilowati menyatakan, perda baru tersebut memang masih tahap sosialisasi. Pemberlakuan aturan akan dilakukan mulai tahun depan. Sekarang masih kami sosialisasikan. Efektif (berlaku, Red) tahun depan, jelasnya.

Artikel Asli