Kasus Formula E, KPK Bakal Panggil PT Jakpro

Nasional | rm.id | Published at Kamis, 11 November 2021 - 16:56
Kasus Formula E, KPK Bakal Panggil PT Jakpro

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera memanggil PT Jakarta Propertindo (Jakpro) dalam kasus dugaan korupsi dalam penyelenggaraan ajang balap Formula E. PT Jakpro, merupakan penyelenggara ajang balap itu.

"Saya kira siapapun yang juga mengetahui dan keseluruhan penyelenggaraan Formula E ini akan dipanggil dan dimintai keterangan oleh tim penyelidik," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis (11/11).

Ali mengatakan, keterangan PT Jakpro dibutuhkan untuk membuat kasus ini makin terang. Pemeriksaan PT Jakpro juga diyakini bisa menjadi jembatan kasus naik ke tahap penyidikan. "Untuk memastikan apakah benar di dalam penyelenggaraan ini ada peristiwa pidana," imbuhnya.

Ali menegaskan, komisinya tidak segan menindak siapapun yang terlibat korupsi dalam ajang balap mobil listrik itu. "Kalau ada ya akan dipertimbangkan apakah bisa ditemukan orang yang dipertanggungkan," tegas Ali.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (DKI) Jakarta menyatakan siap untuk diperiksa KPK terkait dugaan rasuah pelaksanaan ajang balap Formula E.

"Kami Pemprov DKI jakarta siap jika sewaktu-waktu diperlukan penjelasan lebih lanjut mengenai penyelenggaraan Formula E di Jakarta," kata Kepala Inspektorat DKI Jakarta, Syaefulloh Hidayat di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa (9/11).

Syaefulloh mengatakan, pihaknya telah memberikan dokumen terkait pelaksanaan Formula E ke KPK. Dokumen itu tebalnya mencapai 600 halaman. Dokumen itu diharapkan membantu KPK mengusut kasus. Jika kurang, Pemprov DKI siap memberikan data lainnya. [OKT]

Artikel Asli