Ini Kronologi Oknum Panitia Buka Boks Kargo Ducati di Sirkuit Mandalika

Nasional | limapagi.id | Published at Kamis, 11 November 2021 - 15:50
Ini Kronologi Oknum Panitia Buka Boks Kargo Ducati di Sirkuit Mandalika

LIMAPAGI - Persiapan Sirkuit Mandalika menggelar Kejuaraan Dunia Superbike (WSBK) tercoreng. Tindakan oknum panitia lokal membuat Indonesia jadi sorotan.

Seperti diberitakan sebelumnya, ada oknum panitia yang membuka boks kargo milik tim Aruba.it Ducati secara ilegal.

Boks kargo balap di kelas World Superbike (WSBK) ini datang dari Doha, Qatar, yang menggunakan pesawat Boeing 777 Qatar Airways.

Dari rekaman yang beredar, petugas tersebut tidak hanya membongkar, demikian yang dilansir dari Speedweek. Bahkan, oknum tersebut sampai mengutak-atik motor Ducati bernomor 21.

Petugas ini dengan bebasnya memegang dan memencet tombol dan yang terdapat pada motor milik pebalap Michael Ruben Rinaldi tersebut.

Selain itu, dia juga berpose bersama motor Ducati itu. Padahal peraturannya jelas, peti kemas hanya boleh dibuka oleh pihak tim dan bea cukai.

Hal ini untuk mencegah adanya konspirasi.

Direktur Eksekutif Superbike (SBK), Gregorio Lavilla telah meminta maaf karena ini di luar kendali mereka. Dia juga mengaku, telah memecat petugas lokal di Sirkuit Mandalika tersebut.

"Karyawan bersangkutan telah dipecat," kata Lavilla, dikutip dari Speedweek .

Sebenarnya, boks kargo ini sudah lebih dulu dibuka oleh Bea Cukai. Tetapi, pihak Bea Cukai Mataram membukanya hanya untuk mengecek perlengkapan sesuai prosedur.

Yang menjadi masalah adalah terdapat petugas Mandalika yang juga membongkar boks motor dan mempublikasikannya sebagai konten pribadi.

Tak hanya itu, petugas juga bahkan sampai berpose di atas motor Ducati milik pebalap Michael Ruben Rinaldi tersebut.

Kejadian memalukan ini tentu sangat merugikan Indonesia. Sebab, Sirkuit Mandalika menjadi tuan rumah di seri pamungkas WSBK 2021 pada 19-21 November mendatang.

Artikel Asli