Diperingati Setiap 11 November, Ini Fakta Unik Mengenai Hari Jomblo Sedunia

Nasional | limapagi.id | Published at Kamis, 11 November 2021 - 16:05
Diperingati Setiap 11 November, Ini Fakta Unik Mengenai Hari Jomblo Sedunia

LIMAPAGI - Tanggal 11 November setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Belanja Nasional (Harbolnas) di berbagai negara. Namun siapa sangka, ternyata tanggal 11 November tak hanya diperingati sebagai Harbolnas saja, tetapi juga diperingati sebagai Hari Jomblo Dunia atau World Singles Day.

Mengutip dari Investopedia , Singles Day ini mulanya hadir pada tahun 1993, di mana pada saat itu kalangan mahasiswa di Universitas Nanjing China menggelar perayaan hari anti-Valentine.

Mulanya Singles Day juga dikenal sebagai bachelorette day atau hari bujangan di mana para pemuda yang tak punya kekasih berpesta bersama.

Pemilihan tanggal 11 juga berdasarkan angka satu yang menyimbolkan sebagai angka tunggal, yang menggambarkan bahwa seseorang dapat bepergian ke sebuah pesta seorang diri.

Menjadi sebuah perayaan, Singles Day merupakan sebuah hari libur yang dirayakan di China setiap tahunnya. Terdapat berbagai macam cara perayaan dari Singles Day yang dilakukan pemuda China.

Mereka merayakan Singles Day dengan melakukan perawatan diri, membeli hadiah sendiri, makan enak dan keluar malam bersama rekan lainnya. Tak hanya itu, mereka juga akan membayar sendiri untuk menunjukkan kemandirian mereka.

Namun beberapa waktu ke belakang, Singles Day ini dimanfaat oleh para pengusaha di sektor bisnis. Mengutip dari ABCNews , banyak perusahaan di China melihat peluang untuk menjual lebih banyak produk dan memberikan diskon khusus di hari spesial untuk para jomblo ini.

Kemudian Jack Ma membawa strategi penjualan saat Singles Day ke pasar online raksasa miliknya Alibaba Group Tmall, dengan menawarkan diskon besar pada platform sejak tahun 2009.

Bahkan pada Singles Da y 2020, Alibaba dan raksasa e-commerce JD.com mencatat rekor mengumpulkan sekitar 155 miliar dolar atau berkisar Rp2,2 Triliun dari penjualan di seluruh platform mereka.

Tak hanya di China, Singles Day juga telah populer di negara lain. Kini, perayaan Hari Jomblo tersebut juga dirayakan di seluruh Asia Tenggara dan di beberapa negara Eropa, termasuk Jerman, Belgia, dan Inggris.

Artikel Asli