Wali Kota Soal Banjir di Semarang: Masih Jadi Pekerjaan Rumah!

Nasional | limapagi.id | Published at Kamis, 11 November 2021 - 16:05
Wali Kota Soal Banjir di Semarang: Masih Jadi Pekerjaan Rumah!

LIMAPAGI - Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, banjir yang kerap terjadi wilayahnya masih menjadi pekerjaan rumah untuk segera dicari jalan keluarnya.

Untuk mengentaskan permasalahan banjir di Kota Semarang, pria yang akrab disapa Hendi ini mengaku harus menuntaskan sejumlah program. Seperti penanganan Sungai Plumbon yang tahun ini tanggulnya sudah dua kali jebol dan menyebabkan banjir.

Diketahui, jebolan kedua tanggul Sungai Plumbon terjadi pada Kamis, 4 November 2021. Hal tersebut mengakibatkan Mangkang Kulon dan Mangkang Wetan tergenang.

Hendi menambahkan penuntasan banjir di Mangkang masih menyisakan sejumlah pekerjaan rumah. Yakni normalisasi Sungai Beringin dan Sungai Plumbon.

Dimana normalisasi Sungai Beringin saat ini masih dalam tahap pengerjaan dan dijadwalkan selesai pada 2022. Setelah upaya normalisasi Sungai Beringin tuntas, pihaknya akan melakukan normalisasi Sungai Plumbon.

"PR kita setelah Beringin selesai ya kita selesaikan Plumbon," kata Hendi, Rabu, 10 November 2021.

Menurut Hendi, Sungai Plumbon memiliki permasalahan klasik berupa limpahan air dari wilayah atas dan air kiriman dari Kabupaten lain. Normalisasi Sungai Plumbon dinilainya menjadi alternatif terbaik untuk mengurai permasalahan klasik ini.

"Sungai Plumbon kita masih ada persoalan klasik karena ada limpahan dari wilayah Kabupaten lain yang masuk ke Semarang. Ini membuat muara di Semarang semakin menyempit," katanya.

Hendi beeharap upaya normalisasi ini bisa di dukung oleh masyarakat sekitar. Utamanya dalam hal pembebasan lahan di bantaran Sungai Plumbon.

"Kita tetap dengan konsep ganti untung. Tapi kalau masyarakat tidak mau melepaskan proyeknya tidak bakal selesai," tuturnya.

Artikel Asli