Banyak Wahana Sudah Buka, Pengunjung KBS Naik Tiga Kali Lipat

Nasional | jawapos | Published at Kamis, 11 November 2021 - 16:49
Banyak Wahana Sudah Buka, Pengunjung KBS Naik Tiga Kali Lipat

JawaPos.com- Beberapa wahana di Kebun Binatang Surabaya (KBS) kini sudah dibuka. Mulai feeding time, tunggang gajah, hingga area akuarium sudah bisa dikunjungi. Jumlah pengunjung ke KBS pun naik. Jika dibandingkan dengan awal-awal dibuka, kenaikan jumlah pengunjung sekarang mencapai tiga kali lipat.

Lonjakan pengunjung KBS terjadi mulai pertengahan Oktober lalu. Tepatnya, saat level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Surabaya turun. Kapasitas pengunjung juga ditambah. Dari awalnya hanya 25 persen menjadi 75 persen.

Humas KBS Agus Supangkat menuturkan, KBS dibuka awal Oktober. Saat itu, jumlah pengunjung masih terbatas. Yakni, hanya 25 persen dari kapasitas. Aktivitas pengunjung juga terbatas. Beberapa wahana masih ditutup. Pada 9 Oktober, feeding time mulai kami buka, ucapnya.

Menurut Agus, dibukanya feeding time tersebut memancing animo pengunjung. Hanya, untuk buaya dan komodo, ada harinya sendiri. Yakni, Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional. Sementara itu, khusus Jumat, feeding time ditiadakan untuk semua satwa.

Kenaikan pengunjung KBS tidak terlepas dari keputusan inmendagri terkait dengan penurunan level PPKM di Surabaya. Dengan situasi yang mulai landai, KBS membuka wahana lainnya seperti akuarium, tunggang gajah, tunggang unta, dan wisata air.

Pembukaan wahana sengaja dilakukan bertahap. Hal itu bertujuan mengurangi risiko yang terjadi. Berdasar data KBS, selama Oktober, jumlah pengunjung mencapai 70 ribu orang. Agus menjelaskan, mulai pertengahan Oktober, jumlah rata-rata pengunjung per harinya naik.

Pada awal pembukaan pada hari efektif, hanya 500 orang. Saat ini naik menjadi seribu orang per hari. Sedangkan saat weekend dan hari libur, bisa mencapai 7 ribu pengunjung. Angka ini naik tiga kali lipat dibandingkan dengan awal dibuka, yakni sekitar 2 ribu orang, ucapnya.

Menurut Agus, animo warga akan KBS terus membaik. Jumlah pengunjung terus bertambah. Bulan ini rata-rata pengujung pada hari efektif sekitar 1.200 orang. Karena itu, wahana tambahan juga dibuka. Yakni, animal edutainment. Harapannya, bisa menjadi jujukan masyarakat saat berkunjung di KBS.

Meski begitu, sampai saat ini, wahana kolam renang masih ditutup. Alasannya, mencegah kerumunan. Sementara itu, senam pagi di KBS juga mulai diaktifkan kembali. Begitu pun gowes di KBS. Bahkan, kegiatan tersebut dilakukan sejak awal dibuka. Semoga tren positif ini terus terjadi, kata Agus.

Artikel Asli