Tabur Bunga hingga Aksi Teatrikal untuk Peringati Hari Pahlawan

Nasional | jawapos | Published at Kamis, 11 November 2021 - 16:38
Tabur Bunga hingga Aksi Teatrikal untuk Peringati Hari Pahlawan

JawaPos.com- Beragam kegiatan untuk memperingati Hari Pahlawan. Termasuk di Kota Delta Sidoarjo, Rabu (10/11). Mulai tabur bunga, aksi teatrikal, hingga pemberian apresiasi kepada veteran. Acara Forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda), misalnya. Mereka melaksanakan apel bersama dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Sidoarjo.

Lain lagi di SMAN 1 Wonoayu. Acara mereka banyak. Mulai peresmian perpustakaan baru dan pojok baca, aksi teatrikal perang, hingga penghargaan kepada 76 siswa yang hafal Alquran dengan memberikan sertifikat hafalan Alquran (halal) dari Kemenag Sidoarjo.

Tujuan kami adalah membangkitkan semangat perjuangan anak-anak. Caranya beragam, ujar Kepala SMAN 1 Wonoayu Nurseno.

Aksi teatrikal menjadi pengingat siswa tentang perjuangan pendahulu sekaligus memberi pesan agar hidup damai. Perpustakaan kami resmikan sebagai semangat literasi siswa. Harapannya, mereka menjadi pahlawan literasi, katanya.

Penghargaan kepada para hafiz merupakan wujud apresiasi kepada siswa yang selama ini berjuang lebih untuk menghafal Alquran meski berada di sekolah umum. Pintar saja tidak cukup, harus berkarakter, tegas Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan SMA Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Ety Prawesti yang turut hadir di Wonoayu.

Hafalan itu bisa jadi modal perjuangan mereka ke depan. Misalnya, modal masuk perguruan tinggi. Nah, perjuangan siswa untuk meraih capaian lebih itu patut diapresiasi.

Di SMA Muhammadiyah 1 Taman, peringatan Hari Pahlawan diwarnai dengan memberikan penghargaan kepada sembilan tenaga kesehatan (nakes). Mereka adalah para pahlawan yang berjuang sebagai garda terdepan melawan Covid-19. Penghargaan diberikan Kepala SMA Muhammadiyah 1 Taman Zainal Arif.

Selain nakes, veteran juga mendapat penghargaan. TP PKK Sidoarjo memberikan paket sembako kepada seratus veteran yang tergabung dalam Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kabupaten Sidoarjo. Penyerahan secara simbolis dilakukan Ketua TP PKK Kabupaten Sidoarjo Saadah Muhdlor di Pendapa Delta Wibawa setelah para veteran mengikuti upacara bendera peringatan Hari Pahlawan di Alun-Alun Sidoarjo.

Tahun depan apresiasi kepada para veteran dilakukan lebih baik lagi, tuturnya. Terutama santunan kepada janda veteran. Menurut dia, ada 500 janda veteran di Kabupaten Sidoarjo yang perlu diperhatikan.

Artikel Asli