Airlangga Optimistis Penjualan Mobil Tembus 850 Ribu Unit

Nasional | jawapos | Published at Kamis, 11 November 2021 - 16:16
Airlangga Optimistis Penjualan Mobil Tembus 850 Ribu Unit

JawaPos.com Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartanto menargetkan penjualan mobil sepanjang 2021 diperkirakan bisa mencapai 850.000 unit. Angka tersebut artinya akan naik signifikan jika dibandingkan pada tahun 2020 yang sebanyak 530 ribu unit.

Menurutnya, rasa optimisme tersebut seiring dengan membaiknya sektor industri otomotif dan turunannya setelah mendapatkan hantaman keras pandemi Covid-18. Bahkan, Airlangga menilai, pada pelonggaran PPKM level 1 perekonomian industri kembali bergairah.

Hal tersebut dapat dilihat dari Purchasing Managers Index (PMI) manufaktur Indonesia pada Oktober 2021 yang mencapai 57,2 persen.

Dari sektor otomotif, dilaporkan angka angka total sekitar 530 ribu, tahun ini diharapkan bisa mencapai 850 ribu. Di sini ekspor diperkirakan bisa 300 ribu ekspor dari kemarin 220 ribu, ujarnya di Ice BSD, Kamis (11/11).

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum GAIKINDO Yohannes Nangoi mengatakan, pihaknya juga optimistis dapat mencapai target tersebut karena didukung oleh kebijakan pemerintah melalui PPnBM yang mendorong penjualan mobil.

Yohannes mengungkapkan, pengaruh PPnBM terhadap penjualan mobil sangat besar yaitu mencapai 68 persen. Bahkan, penjualan tahun ini lebih besar dibandingkan pada awal pandemi.

68 persen itu angka yang besar 3 bulan tahun ini kan full Covid malah naik dibandingkan sebelum full Covid, ucapnya.

Harapannya pemerintah akan kembali mengeluarkan kebijakan insentif di sektor otomotif yang diharapkan dapat mendorong perekonomian nasional. Dukungan dan kebijakan yg dikeluaekan pemeeintah mendorong bangkitnya industri otomotif dari pandemi Covid-19, pungkasnya.

Artikel Asli